Subscribe:

Ads 468x60px

Sunday, 6 October 2019

Pengertian birokrasi menurut para ahli


Berikut pengertian birokrasi menurut para ahli:
a)      Peter M. Blau dan W. Meyer
            Menurut Peter M. Blau dan W. Meyer dalam bukunya yang berjudul “Bureaucracy” birokrasi adalah tipe organisasi yang dimaksudkan untuk mencapai tugas-tugas administratif dengan cara mengkoordinasi secara sistematis teratur pekerjaan dari banyak anggota organisasi
b)      Rourke
Menurut Rourke birokrasi adalah sistem administrasi dan pelaksanaan tugas keseharian yang terstruktur, dalam sistem hierarki yang jelas, dilakukan dengan tertulis, oleh bagian tertentu yang terpisah dengan bagian lainnya, oleh orang yang dipilih karena kemampuan dan keahlian dibidangnya

c)      Karl Marx
Birokrasi adalah alat kelas yang berkuasa, yaitu kaum borjuis dan kapitalis untuk mengeksploitasi kaum proletar.

 d)     Rod Haque
Rod Haque mendefinisikan birokrasi adalah istitusi pemerintahan yang melaksanakan tugas Negara.
e)      Miftah Thoha
Miftah Thoha mendefinisikan birokrasi sebagai sistem untuk mengatur organisasi yang besar agar diperoleh pengelolahan yang efisien, rasional, dan efektif.
f)       Max Weber
Menurut Max Weber, birokrasi itu sistem kekuasaan, di mana pemimpin (superordinat) mempraktekkan kontrol atas bawahan  (subordinat). Sistem birokrasi menekankan pada aspek “disiplin.” Sebab itu, Weber juga memasukkan birokrasi sebagai sistem legal-rasional. Legal oleh sebab tunduk pada aturan-aturan tertulis dan dapat disimak oleh siapa pun juga. Rasional artinya dapat dipahami, dipelajari, dan jelas penjelasan sebab-akibatnya.



By :  PUSAT PENGEMBANGAN DIKLAT TEKNIS DAN KEPEMIMPINAN BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA HUKUM DAN HAM
 


No comments:

Post a Comment