Subscribe:

Ads 468x60px

Saturday 10 September 2016

Pradul



Pradul :
Mungkin anda yang memiliki background jawa bisa memahami kata tersebut. Makna pradul  yaitu mengadu. Biasanya pradul digunakan seseorang yang mengalami rasa tidak terima, tidak nyaman, dan rasa yang tidak sesuai dengan apa yang dia inginkan untuk mengadu ke seseorang yang dia anggap dapat membantu menyelesaikan rasa tersebut.
Sore kemarin saya kedatangan ibu-ibu tetangga yang mengajak saya sharing mengenai anaknya yang sekarang duduk dibangku kelas 4 SD. Ibu-ibu tersebut pradul kepada saya kenapa kurikulum yang sedang berjalan saat ini cukup memberatkan siswa khususnya siswa SD. Ibu-ibu tersebut bercerita kalau sistem Tematik yang diterapkan kepada anak SD saat ini tidak membantu siswa berkembang, justru membuat siswa bingung dan menjadi sulit belajar. Ibu tersebut menceritakan kalau sekarang hampir tiap malam anaknya kesulitan belajar karena kebingungan dengan buku Tematik yang mau dia pelajari.
Saya pun memberikan tanggapan kepada ibu tersebut bahwa Tematik memang seperti itu. Menggabungkan semua matapelajaran yang ditarik dari suatu tema. Saya pribadi pun juga tidak menyukai sistem Tematik ini, karena buku tematik kurang membuat siswa paham dan justru membingungkan. Saya sudah 2 bulan ini ngeles (memberikan bimbel) anak SD kelas 4 yang sistemnya Tematik. Saya memandu siswa dalam belajar tersebut dan sekaligus mengamati apa saja yang terkandung dalam buku itu. Saya kaget bukan kepalang, isi buku itu menurut saya kurang cocok untuk siswa SD. Dalam pembuatannya pun menurut saya sangat dipaksakan.
Akhirnya si ibu itu pun pulang. Konklusi pada kejadian ini pun semoga para pejabat pendidikan di sana bisa lebih mempertimbangkan sistem tematik ini.

No comments:

Post a Comment