Subscribe:

Ads 468x60px

Sunday 25 September 2016

Moving Pos Method dalam pembelajaran Matematika

Moving Pos Method adalah salah satu Metode dalam pembelajaran yang membuat siswa akan bergerak baik otak maupun fisik. Moving Pos Method dapat diterapkan dengan membentuk kelompok. Disisi lain Moving Pos Method juga dapat diterapkan dengan individu. Moving Pos Method memiliki tujuan yaitu agar siswa lebih aktif saat pembelajaran berlangsung. Selama ini siswa hanya duduk dikursi masing-masing dan itu membuat siswa merasa sangat jenuh. Moving Pos Method memiliki banyak dampak positif bagi siswa, guru, dan kelas. Diantaranya siswa akan bergerak, berlari dan tertantang mencari pos yang dia tuju. Saat sampai Pos pun kebersamaan dan kekompakan mereka diasah. Mereka juga dituntut untuk mengerjakan soal di setiap pos dengan efektif dan efisien waktu guna mengejar pos – pos yang lain dan agar tidak “ketubruk” kelompok lain apabila terlambat mengerjakan soal itu. Guru sebagai dalang dalam permainan ini akan terbantu dan dapat menilai siswa yang aktif dan yang tidak. Kelas itu pun akan hidup dan semua beraktifitas.
Cara main Moving Pos Method ini cukup mudah. Guru cukup menyediakan soalsi dan kertas dengan berisi tulisan Pos 1 sampai dengan Pos 7 dan berisi beberapa soal disetiap Pos nya. Pada setiap Pos, di bagian bawah dituliskan petunjuk pos mana yang akan dituju setelah selesai mengerjakan. Kemudian lembaran kerta atau Pos tersebut ditempelkan di penjuru kelas atau bisa juga ditempelkan di luar kelas. Nah sebelum bermain, setiap kelompok diberikan selembar kertas dahulu yang nantinya digunakan untuk menulis jawaban. Setelah semua siap, permainan pun dapat dimulai dengan kelompok 1 ke pos 1, kelompok 2 ke pos 2 dan seterusnya. Waktu untuk setiap Pos kurang lebih 6 menit. Setelah 6 menit guru memerintahkan siswa untuk berpindah Pos, dan memberitahukan apabila tidak segera pindah bisa “ditubruk” kelompok lain.
Berikut foto dan video pembelajaran matematika menggunakan Moving Pos Method yang mengasyikkan.
Moving Pos Method dalam pembelajaran Matematika 

Siswa senang dan gembira setelah pembelajaran ini. Mereka memberikan tanggapan yang positif terhadap Moving Pos Method ini.

Sebagai catatan untuk guru yang akan menerapkan Moving Pos Method ini, metode ini akan efektif dan berhasil digunakan saat materi sudah disampaikan kepada siswa. Maksdunya adalah Moving Pos Method ini lebih tepat digunakan saat pertemuan-pertemuan tengah, bukan pertemuan-pertemuan awal karena pada saat pertemuan awal siswa belum memahami materi.

No comments:

Post a Comment