Subscribe:

Ads 468x60px

Wednesday 12 October 2016

Nano Modul Matematika Pada Materi Dalil Pythagoras Berbasis Kontekstual Untuk Siswa SMP/MTs Kelas 8


Sebelum masuk ke materi, mari kita pahami dahulu mengenai apa itu kontekstual. Kontekstual adalah pendekatan dalam pembelajaran yang menghubungkan materi dengan kehidupan sehari-hari atau sebaliknya.
Nano Modul ini mengulas materi dengan tujuan si-pembaca dibuat paham hanya dengan membaca mini modul ini.
Selamat & Goodluck dalam Self-eksperiment dengan nano modul ini.

Kelas 8 semester 1
Bab 5 Dalil Pythagoras
Sesuai judulnya, dalil ini ditemukan oleh Pythagoras yang berasal dari Yunani. Pythagoras ini juga dikenal sebagai “bapak bilangan”. Dalil ini sangat bermanfaat dikehidupan kita hingga saat ini, bahkan sampai masa yang akan datang.
Salah satu kegunaan dalil pythagoras ini adalah dalam dunia perancangan atau desain kontruksi. Perancang atau pendesain biasanya menghitung dahulu panjang rancangan atau desain yang akan dibuat. Baik dari unsur panjang sisi tegak sampai dari unsur sisi miringnya. Nah untuk mengukur sisi miring inilah dapat melibatkan dalil pythagoras ini.
Contoh persoalan dalam kehidupan sehari-hari sebagai berikut. Pak Budi seorang perancang bangunan yang ternama di kotanya. Dia akan merancang bangunan semi-permanen sesuai permintaan pelanggannya. Pada bagian tertentu, ada kontruksi besi yang saling tegak lurus pada ujungnya. Besi-besi tersebut masing-masing memiliki panjang 3 m dan 4 m. Kemudian besi tersebut oleh Pak Budi akan dilas dengan besi lain pada ujung-ujungnya sehingga akan membentuk segitiga agar kontruksi yang diinginkan lebih kuat. Nah, berapakah panjang besi yang akan dipakai sebagai sisi miring tersebut ?

Jawab :
 
Nano Modul Matematika Pada Materi Dalil Pythagoras Berbasis Kontekstual Untuk Siswa SMP/MTs Kelas 8
Nano Modul Matematika Pada Materi Dalil Pythagoras Berbasis Kontekstual Untuk Siswa SMP/MTs Kelas 8


Latihan Soal !
1.     Perhatikan desain kerangka atap rumah dibawah ini !


Kerangka atap rumah tersebut direncanakan akan berbahan kayu. Nah, Berapakah panjang kayu pada sisi miringnya ?

Jawab :
.............................................................................................................................................................................................

2.     Sebuah tangga sepanjang 17 meter disandarkan pada tembok samping rumah. Apabila dari kaki tembok ke dasar tangga berjarak 8 meter, berapakah tinggi tembok tersebut ?

Jawab :
..............................................................................................................................................................................................

Oleh : Gunawan Budi Utomo S.Pd (Piyaman 2, RT 03/ RW02, Piyaman, Wonosari, Gunungkidul)
WA 087738119247
BBM 5544df27
(silaturahmi)

No comments:

Post a Comment