Subscribe:

Ads 468x60px

Saturday 8 August 2020

Jenis Kebakaran Beserta Jenis APAR Yang Efektif Untuk Memadamkan

 Kebakaran beserta Jenis APAR yang efektif untuk memadamkannya :

1. Kebakaran Golongan A

Kebakaran golongan A merupakan golongan kebakaran yang dikarenakan oleh bahan-bahan padat non-logam seperti kertas, plastik, kain, kayu, karet dan lain sebagainya. Jenis APAR yang cocok untuk memadamkan Kebakaran golongan A adalah APAR jenis air (water), APAR jenis busa (foam) dan APAR jenis tepung kimia (dry chemical powder).

 

2. Kebakaran Golongan B

Kebakaran golongan B merupakan kebakaran yang dikarenakan oleh bahan-bahan cair yang mudah terbakar seperti minyak (bensin, solar, oli), alkohol, cat, solvent, methanol dan lain sebagainya. Jenis APAR yang cocok untuk memadamkan Kebakaran golongan B adalah APAR jenis karbon dioksida (CO2), APAR jenis busa (foam) dan APAR jenis tepung kimia (dry chemical powder).

 

3. Kebakaran Golongan C

Kebakaran golongan C merupakan kebakaran yang dikarenakan oleh instalasi listrik yang bertegangan. Jenis APAR yang cocok untuk memadamkan kebakaran golongan C adalah APAR jenis karbon dioksida (CO2) dan APAR jenis tepung kimia (dry chemical powder).

 

4. Kebakaran Golongan D

Kebakaran golongan D merupakan kebakaran yang dikarenakan oleh bahan-bahan logam yang mudah terbakar seperti sodium, magnesium, aluminium, lithium dan potassium. Kebakaran jenis ini perlu APAR khusus dalam memadamkannya.


From : BPSDM Kemenkumham

No comments:

Post a Comment