Subscribe:

Ads 468x60px

Thursday 30 July 2020

Sholat Idul Adha Ditengah Pandemi

Semanu, Pagi ini Jum'at (31/7/2020) warga Dengok kidul dan Dengok lor berbondong bondong menuju area masjid kebanggaan mereka masjid Baitur Rahman dengan maksud untuk melaksanakan Sholat Idul Adha berjamaah. Dimasa sulit seperti ini, pandemi virus corona yang tak terlihat telah membatasi gerak gerik semua warga masyarakat. Bagaimana tidak, protokol kesehatan dengan jaga jarak serta pakai masker harus dilaksanakan dan itu wajib.

Dari pihak pemerintah kapanewon Semanu pun juga mengintruksikan untuk Sholat Idul Adha dimasjid masing masing saja dan tidak dianjurkan sholat dilapangan luas karena akan membuat kerumunan warga yang sangat banyak. Di daerah Dengok Kidul dan Dengok Lor pun dipusatkan di area masjid ini, dengan mengindahkan intruksi diatas. Dapat kita lihat pagi ini cek suhu badan, stand-by hand sanitizer, Shaf sholat yang diberi jarak, warga membawa sajadah sendiri sendiri, warga memakai masker, dan sholat id yang tidak lama serta khutbah yang singkat padat berbobot. Itu semua dilakukan agar proses ibadah tetap khusyuk, nilai inti idul Adha kita peroleh, protokol tetap jalan dan pastinya insyaAllah Allah meridhoi usaha kita semua. Anjuran atau intruksi dari pemerintah Kapanewon Semanu pun juga dijabarkan pada akhir rangkaian ibadah Sholat id yaitu setelah khutbah, warga dimohon untuk segera pulang tanpa perlu berjabat tangan.

Untuk penyembelihan hewan kurban, disini dilakukan terbatas. Maksudnya adalah jumlah hewan kurban tetap ditampung berapapun warga yang akan kurban tetapi yang dibatasi adalah panitia kurban. Panitia kurban yang mengurusi penyembelihan jumlahnya tidak sebanyak tahun tahun dulu. Itu dimaksudkan agar tetap protokol kesehatan dan tidak banyak kerumunan warga. Warga yang tidak berkepentingan pun juga sudah dimohon untuk tidak datang melihat prosesi penyembelihan. Pada proses pembagian hewan kurban masih tetap sama yaitu dilakukan oleh panitia kurban dengan langsung mengantar ke yang berhak menerima.

Alkhamdulillah
Allah masih memberkahi kita walau pandemi belum berakhir

Allaahu akbar Allaahu akbar Allaahu akbar, laa illaa haillallahuwaallaahuakbar Allaahu akbar walillaahil hamd


No comments:

Post a Comment