Subscribe:

Ads 468x60px

Saturday 18 July 2020

Perpanjang SIM di Jogja City Mall (SIM CORNER JCM)

Mau Perpanjang SIM di SIM corner JCM ?

Persiapkan kesehatan
berpakaian rapi sopan (karena mau difoto)
datang lebih awal yaitu pukul 7.30 Pagi
agar lebih cepat lebih baik

Perpanjang SIM di SIM Corner JCM

Apa yang harus dibawa ?

Uang untuk perpanjang SIM
Pulpen
Pensil
Fotocopy SIM yang akan diperpanjang
Fotocopy KTP
SIM Asli
KTP Asli

Kapan Buka ?

SIM corner JCM Jogja ini buka hari senin sampai Sabtu
Minggu libur

Dimana letak lokasinya?

SIM corner JCM ini terletak di Jogja City Mall Jogja atau Jalan Magelang selatan Fly over Jombor
Ruangannya berada di lantai P2 JCM
atau dari parkiran motor menuju pojok selatan, turun eskalator duakali
(atau) tanya pak satpam pasti diarahkan karena satpamnya baik baik

Pengalaman penulis :

Hari ini Sabtu 18 Juli 2020, saya datang pukul 08.08 Pagi, saya langsung menuju ke lantai P2 JCM, di sana sudah banyak orang yang akan mengurus perpanjangan SIM.
Saya langsung disambut baik oleh petugas dan ditanya "sudah membawa fc SIM dan fc KTP ?" , saya menjawab "sudah pak".
diproses ini kita diminta menyerahkan KTP Asli dan SIM asli serta fotocopy an nya satu satu.
Kemudian langsung diarahkan untuk mengambil formulir dan mengisi secara lengkap, untung saya sudah bawa alat tulis, karena dijaman Covid gini mau meminjam pulpen sedikit diwaswasi orang juga was was pribadi,  he he.
Formulir itu berkaitan dengan data diri kita nama alamat, NIK, berat badan, tinggi badan dan lain-lain.
Lalu kita antre untuk tes psikologi.
iya antre... yaitu dengan tertib... hehe.
Proses selanjutnya menumpuk formulir tersebut ke meja tes psikologi disitu kita akan diberikan soal tes psikologi & lembar jawab dan lembar tes wartegg seperti gambar dibawah ini.

tes psikologi

Soal tes psikologi


Wartegg test

kita diberi waktu 5 - 15 menit untuk mengerjakan soal psikologi dan wartegg test nya.
Lalu setelah selesai, dikembalikan ke meja petugas psikologi dan ditanya-tanya sedikit.
Dan proses selanjutnya adalah menuju ke tes kesehatan.
Nanti nama kita akan dipannggil untuk tes kesehatan.
Disitu kita akan ditanya oleh dokter, berapa tinggi badan, berat badan, pakai kacamata atau tidak dan melihat tes angka (warna). Pada akhir tes, dokter akan selalu menyemangati untuk selalu jaga pola hidup sehat apalagi jaman covid seperti ini.
Oke sejauh ini proses lancar ya...  waktu nya pun cepat (2-3 menit an)

Lanjut ke teller Bank BRI. Disana sudah ada petugas bank BRI. Tinggal kita siapkan saja uang untuk perpanjang SIM nya dan akan mendapat nomor antrean lagi. Nomor ini adalah nomor antrean untuk foto SIM baru kita. Setelah dipanggil untuk foto, kita diminta untuk scan sidik jari jempol, telunjuk, jari tengah dan jari manis.
Lalu, duduk tegap (JEPRET) sesi foto pun selesai.
Lalu KTP asli kita dikembalikan dan diberikan arahan untuk menunggu diluar karena semua proses sudah selesai. Tinggal menunggu panggilan SIM jadi.
Saya pun menunggu diluar dan selang 5 menit, nama saya pun disebut dan Petugas Kepolisian menyerahkan SIM baru saya. Alkhamdulillah...
Saya pulang jam 09.30 an.
Kalau dari saya "menurut saya proses perpanjang SIM itu cepat banget karena semua tahap berada dalam satu ruangan, nah antrenya itu merupakan waktu yang tak terduga".

Berapa biaya perpanjangan SIM ?

Pada proses saya
Tes psikilogi 50.000
Tes kesehatan 35.000
Perpanjang SIM A 80.000
Perpanjang SIM C 75.000

Trik agar cepat pengurusan ?

Sharing dari petugas yang jaga di depan, katanya di SIM corner JCM ini Ramai banget saat tanggal 1 s/d 15 an setiap bulan.

Perpanjang SIM

SIM C DAN SIM A

Formulir Pedaftaran SIM

SIM CORNER JCM JOGJA 

Suasana Tes Psikologi SIM

Tes kesehatan perpanjang SIM

Dasar Hukum adanya tes Psikilogi SIM

SIM Corner melayani dengan cepat

antrean

Proses foto untuk SIM baru

NB :
Saat semua proses selesai, ada bapak-bapak yang duduk didepan ruangan menawarkan laminating (Rp 10.000) untuk hal ini TIDAK wajib, jadi kita tinggal pulang saja. Tetapi bila dirasa perlu untuk laminating, ke bapak ini juga bisa.
Menurut saya tidak perlu laminating karena kartu sudah kuat

Datang jam 08:08 pulang jam 09.32

No comments:

Post a Comment