Subscribe:

Ads 468x60px

Sunday 6 October 2019

soal diklat materi Manajemen Perubahan Kumham


Question 1
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Langkah-langkah manajemen perubahan menurut Mike Green adalah
Select one:
a. Orientasi, organisasi, mobilisasi, implementasi, transisi dan integrasi
b. Penerapan perubahan, penerapan sanksi, pemberian penghargaan, budaya birokrasi
c. Transisi perubahan, sosialisasi kebijakan perubahan, pemberian penghargaan
d. Pengenalan perubahan, sosialisasi kebijakan perubahan, penerapan sanksi
Question 2
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Pelayanan online di kementerian hukum dan  ham dari bentuk reformasi birokrasi di bawah ini kecuali
Select one:
a. Ojek online
b. Pendirian perusahaan
c. E passport
d. Fidusia
Question 3
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Memberikan pengaruh atau mempengaruhi seluruh ASN untuk mengimplementasikan rencana perubahan dengan benar  merupakan salah satu cara
Select one:
a. Pengendalian manajemen perubahan birokrasi
b. Perencanaan manajemen perubahan birokrasi
c. Penggerakan manajemen perubahan birokrasi
d. Pengawasan manajemen perubahan birokrasi
Question 4
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Di Indonesia pernah mengalami krisis multidimensi  dimulai pada tahun 1997 yaitu berupa krisis
Select one:
a. Politik
b. SDM
c. Kebangsaan
d. Ekonomi
Question 5
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Manajemen Perubahan Menurut Proci, menerapkan model ADKAR (awareness, desire,knowledge,ability, reinforcemen), maksud dari reinforcement adalah
Select one:
a. Pimpinan harus mampu meningkatkan kemampuan para anggota agar dapat mengimplementasikan perubahan yang telah ditetapkan
b. Pimpinan mengajak dan mendorong para anggotanya agar mau mendukung dan melaksanakan perubahan
c. Pimpinan meningkatkan kesadaran para anggotanya tentang pentingnya dan rencana perubahan yang akan dilakukan
d. Pimpinan memberikan dorongan dan motivasi kepada seluruh anggota organisasi secara terus menerus agar hasil perubahan yang telah dicapai dapat dapat dijaga dan dipertahankan
Question 6
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Reformasi birokrasi adalah suatu implementasi untuk mewujudkan cita cita bangsa  yang tertuang dalam pembukaan UUD 45 yaitu diantaranya
Select one:
a. Ibadah rakyat
b. Sarana rakyat
c. Kesejahteraan rakyat
d. Religi rakyat
Question 7
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Reformasi birokrasi merupakan harapan dalam mewujudkan tata pemerintahan yang baik dengan birokrasi yang profesional, berintegritas tinggi dan menjadi pelayan masyarakat, maka diperlukan perubahan, yaitu
Select one:
a. Organisasi pemerintah yang belum tepat fungsi dan tepat ukuran
b. Organisasi pemerintah yang gemuk menjadi ramping
c. Organisasi pemerintah yang tepat fungsi dan tepat ukuran
d. Organisasi pemerintah yang ramping menjadi gemuk
Question 8
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Yang melaksanakan reformasi birokrasi adalah
Select one:
a. Peruhaan besar
b. Perusahaan menengah
c. Semua salah
d. Instansi pemerintah
Question 9
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Berikut ini merupakan tujuan manajemen perubahan yang menjadi dasar dari perubahan di dalam organisasi,kecuali
Select one:
a. Untuk memperbaiki efektivitas organisasi agar dapat berdaya saing global. Upaya ini termasuk perbaikan efektivitas pegawai, perbaikan sistem dan struktur organisasi, dan implementasi strategi organisasi.
b. Untuk mempertahankan keberlangsungan hidup organisasi dalam jangka pendek
c. Untuk menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi di lingkungan eksternal (tuntutan masyarakat akan pelayanan public yang prima, perubahan teknologi dan peralatan, kebijakan baru dan lainnya)
d. Untuk mempertahankan kerberlangsungan hidup organisasi, baik itu jangka pendek maupun jangka panjang
Question 10
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Proci, mengembangkan manajemen perubahan yang sederhana yang disingkat dengan ADKAR, yang merupakan singkatan dari Awareness, Desire, Knowledge, Ability, Reinforcement. Model inidapat dijelaskan sebagai berikut
Select one:
a. Pimpinan harus mampu menerapkan sanksi yang tegas terhadap anggota organisasi yang resisten terhadap perubahan
b. Pimpinan harus mampu meminimalisi rresiko perubahan yang terjadi
c. Pimpinan meningkatkan kesadaran, mengajak, meningkatkan pengetahuan dan kemampuan serta memberi motivasi para anggotanya tentang pentingnya dan  rencana perubahan yang akan dilakukan
d. Pimpinan harus mampu membuat perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi perubahan yang terjadi dalam organisasi serta mampu berperan sebagai role model agen perubahan
Question 11
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Dibawah ini adalah bentuk managemen perubahan dalam bidan elektronik di AHU yaitu
Select one:
a. fidusia
b. e-paten
c. e-passport
d. e-visa
Question 12
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Dibawah ini adalah bentuk managemen perubahan dalam bidan elektronik di  KI yaitu
Select one:
a. e-learning
b. e-paten
c. e-passport
d. e-visa
Question 13
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Langkah-langkah manajemen perubahan berdasarkan Kurt Lewin
Select one:
a. Change, unfreezing, Refreezing
b. Change, unfreezing, Refreezing, Change
c. Tahap unfreezing, change, tahap refreezing (pembekuan)
d. tahap refreezing, unfreezing, change
Question 14
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Salah satu agen perubahan reformasi birokrasi di tingkat kementerian adalah?
Select one:
a. tim PMPRB
b. pegawai pintar
c. pejabat berprestasi
d. tunas integritas
Question 15
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
salah satu target kondisi layanan pemerintah dalam  reformasi birokrasi yaitu
Select one:
a. pelayanan stake holder yang memuaskan
b. pelayanan yang sesuai kondisi kerja
c. pelayanan prima
d. pelayanan digital
Question 16
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Seringkali dalam menerima informasi kita tidak meneliti terlebih dahulu ketepatan informasi tersebut. Hal ini merupakan salah satu bentuk kealpaan kita dalam
Select one:
a. mengantisipasi  kegagalan perubahan dalam langkah pendidikan dan komunikasi
b. mengantisipasi kegagagan perubahan dalam langkah memberi kemudahan dan dukungan
c. melaksanakan perubahan
d. mengantisipasi kegagalan perubahan dalam langkah negosiasi dan persetujuan
Question 17
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Manajemen Perubahan Menurut Proci, menerapkan model ADKAR (awareness, desire,knowledge,ability, reinforcemen), maksud dari Desire adalah
Select one:
a. Pimpinan memberikan dorongan dan motivasi kepada seluruh anggota organisasi secara terus menerus agar hasil perubahan yang telah dicapai dapat dijaga dan dipertahankan
b. Pimpinan mengajak dan mendorong para anggotanya agar mau mendukung dan melaksanakan perubahan
c. Pimpinan meningkatkan kesadaran para anggotanya tentang pentingnya dan rencana perubahan yang akan dilakukan
d. Pimpinan harus mampu meningkatkan kemampuan para anggota agar dapat mengimplementasikan perubahan yang telah ditetapkan
Question 18
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Reformasi birokrasi dapat dilakukan dengan melakukan
Select one:
a. mengurangi anggaran pemerintah
b. menambah proyek layanan
c. memangkas jumlah jabatan
d. memangkas birokrasi
Question 19
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
salah satu vision reformasi birokrasi pada layanan pemerintah di kementerian dan lembaga serta pemda adalah adanya layanan yang cepat tepat dan tanpa pungli. yang kemudian disebut
Select one:
a. pelayanan cepat
b. pelayanan prima
c. pelayanan tepat guna
d. pelayanan tepat
Question 20
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Dibawah ini adalah bentuk managemen perubahan dalam bidan elektronik di yaitu
Select one:
a. database terpisah
b. database penjara
c. database pemasyarakatan online terintegrasi
d. database UPT
Question 21
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Perubahan pasti akan terjadi dalam birokrasi, oleh sebab itu seluruh ASN beserta pimpinan birokrasi harus dapat
Select one:
a. Menolak perubahan yang terjadi
b. Menghindari Perubahan yang terjadi
c. Mengelola perubahan yang terjadi
d. Mengabaikan perubahan yang terjadi
Question 22
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Menurut Sedarmayanti,reformasi birokrasi merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kinerja melalui berbagai cara dengan tujuan efektifitas, efisien, dan akuntabilitas. Dimana reformasi biokrasi itu mencakup beberapa perubahan sebagaimana berikut, kecuali
Select one:
a. Perubahan penguasa menjadi pelayan
b. Merubahn manajemen kinerja birokrasi agar menjadi efektif dibandingkan sebeumnya
c. Mendahulukan wewenang mereka sebagai ASN
d. Birokrasi harus memliki pola pikir yang sadarbahwa mereka sebagai pelayan masyarakat
Question 23
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Berikut ini merupakan hambatan bagi pegawai dalam melakukan perubahan, kecuali:
Select one:
a. Orang sudah merasa mapan dengan pekerjaannya, sehingga kalauberubah takut tidak mampu untuk melaksanakan pekerjaan yang baru
b. Orang takut gagal karena, sudah banyak pengalaman dalam perubahantidak mencapai tujuan yang efektif
c. Pengorbanan yang diberikan terlalu besar tidak sesuai dengan hasilnya
d. Tujuan perubahan sangat jelaskarena tujuan perubahan sudah dikomunikasikan sebelumnya
Question 24
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Salah satu cara mengantisipasi kegagalan perubahan apabila cara lain tidak berhasil atau mahal adalah dengan cara memberi kedudukan penting kepada pimpinan yang resisten disebut dengan
Select one:
a. pendidikan dan komunikasi
b. Paksaan
c. Manipulasi dan kooptasi
d. Partisipasi
Question 25
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Reformasi digital yang dilaksanakan secara kosekuen di kemenkumham menempatkan transformasi digital sebagai strategi utama untuk memberikan pelayanan publik di bidang hukum yang efektif efisien yang kemudian diimplementasikan di unit eselon satu. sebagai contoh adalah layanan fidusia yang dilakukan di unit
Select one:
a. DJPAS
b. DJIM
c. DJAHU
d. DJKI
Question 26
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Manajemen perubahan dalam RB adalah
Select one:
a. Reformasi birokrasi bukan merupakan ide atau gagasan pemerintah untuk mewujudkan clean & good government
b. Reformasi birokrasi merupakan upaya pemerintah dalam rangka kesejahteraan masyarakat
c. Reformasi Birokrasi merupakan ide atau gagasan pemerintah dalam rangka mewujudkan clean & good government
d. Reformasi Birokrasi merupakan gagasan pemerintah dalam rangka pemberantasan korupsi
Question 27
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Model ADKAR, dalam manajemen perubahan yang dikembangkan Proci adalah
Select one:
a. awareness, desire, reinforcement
b. awareness, desire, ability, reinforcement
c. awareness, debat, ability, reinforcement
d. awareness, desire, aksesibility, reinforcement
Question 28
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Ancaman dan sanksi bagi pihak yang resisten dalam sebuah organisasi merupakan salah satu langkah antisipasi kegagalan berupa
Select one:
a. negosiasi dan persetujuan
b. Manipulasi dan kooptasi
c. Paksaan
d. Partisipasi
Question 29
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Apabila inisiator (penggagas) perubahan memiliki kekuasaan besar dan kecepatan menjadi hal yang esensial, maka langkah yang pasti diambil untuk mengantisipasi kegagalan adalah
Select one:
a. Manipulasi dan kooptasi
b. negosiasi dan persetujuan
c. Paksaan
d. Partisipasi
Question 30
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Langkah keempat dari manajemen perubahan menurut Lesley Partridge adalah menjawab pertanyaandit we acheve (apakah kita sudah sampai?). Untuk menjawab pertanyaan tersebut hal yang dilakukan adalah
Select one:
a. Penyusunan program perubahan yaitu untuk mengetahui program yang disusun sesuai dengan manajemen perubahan
b. Penyusunan program perubahan yaitu untuk mengetahui program yang disusun sesuai dengan manajemen perubahan
c. Monitoring dan evaluasi untuk mengetahui seberapa jauh program-program perubahan yang telah direncanakan tercapai, dan evaluasi digunakan untuk mengetahui seberapa tinggi tujuan program dapat tercapai
d. Perencanaan yaitu untuk mengetahui seberapa bagus perencanaan dalam melakukan perubahan organisasi
Question 31
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Kurt Lewin model, bahwa manajemen perubahan yang dipergunakan menggunakan konsep
Select one:
a. elektronika
b. politik global
c. ilmu fisika dan teknik
d. ekonomi makro
Question 32
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Maksud Reinforcement dalam manajemen perubahan yang dimaksud Proci adalah
Select one:
a. pimpinan memberikan dorongan dan motivasi
b. pemimpin yang langsung memutuskan
c. Pemimpin berkuasa
d. pemimpin meningkatkan kemampuan
Question 33
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Menurut saudara apakah revolosi industry bisa mempengaruhi  latar belakang adanya reformasi birokrasi
Select one:
a. Tidak karena pemerintah melihat masyarakat gak ada pengaruh
b. Ya, karena kalo tidak mengadakan reformasi pelayanan masyarakat ketinggalan
c. Ya, sekarang ada ojeg online
d. Tidak, karena masyarakat sudah biasa ada perubahan
Question 34
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Manajemen Perubahan MenurutProci menerapkan model ADKAR, maksud dari awareness adalah
Select one:
a. Pimpinan mengajak dan mendorong para anggotanya agar mau mendukung dan melaksanakan perubahan
b. Pimpinan harus mampu meningkatkan kemampuan para anggota agar dapat mengimplementasikan perubahan yang telah ditetapkan
c. Pimpinan memberikan dorongan dan motivasi kepada seluruh anggota organisasi secara terus menerus agar hasil perubahan yang telah dicapai dapat dapat dijaga dan dipertahankan
d. Pimpinan meningkatkan kesadaran para anggotanya tentang pentingnya dan rencana perubahan yang akan dilakukan
Question 35
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Melakukan konsultasi atau terapi, serta memberi keterampilan bagi pegawai untuk mempermudah proses perubahan dalam organisasi disebut sebagai  salah satu langkah
Select one:
a. Pendidikan dan komunikasi
b. Manipulasi dan kooptasi
c. Memberikan kemudahan dan dukungan
d. Partisipasi
Question 36
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Perubahan cara berpikir (pola pikir, pola sikap, dan pola tindak) merupakan
Select one:
a. Merubah pola tindak
b. Merubah pola sikap
c. Merubah pola berpikir
d. Merubah budaya
Question 37
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Grand design RB diatur dalam
Select one:
a. Peraturan Presiden nomor 81 Tahun 2010
b. Peraturan Presiden nomor 61 Tahun 2010
c. Peraturan Presiden nomor 81 Tahun 2011
d. Keputusan Presiden nomor 81 Tahun 2010
Question 38
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Maksud dari tahap (unfreezing) atau pencairan dalam manajemen perubahan yang dikemukakan oleh Kurt Lewin adalah
Select one:
a. Pada tahap ini yang dilakukan pimpinan adalah mengevaluasi pelaksanaan manajemen perubahan dalam organisasi
b. Pada tahap ini yang dilakukan pimpinan adalah menyusun rencana-rencana perubahan organisasi
c. Pada tahap ini yang dilakukan pimpinan adalah menerapkan reward and punish terhadap anggota organisasi
d. Pada tahap ini yang dilakukan pimpinan adalah menjelaskan tentang arti pentingnya perubahan, memperkuat dorongan untuk berubah, dan mengurangi hambatan perubahan
Question 39
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
reformasi birokrasi terjadi karena desakan masyarakat kepada pemerintah. salah satu hal penting yang menjadi konsentrasinya disebabkan oleh
Select one:
a. kepercayaan masyarakat terhadap birokrasi
b. ketidakpercayaan masyarakat terhadap yang dikerjakan pemerintah
c. kepercayaan masyarakat kepada pemerintah era reformasi
d. ketidakpercayaan masyarakat terhadap pemerintah
Question 40
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
pada tahun 2004 penegasan pemerintah terhadap ketertinggalan rerormasi bidang birokrasi dengan stresing pentingnya penerapan prinsip-prinsip antara lain adalah
Select one:
a. transparansi
b. good goverment
c. clean and good goverment
d. clean goverment
Question 41
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Seorang agen perubahan yang bersedia menyesuaikan perubahan dengan kebutuhan dan kepentingan pihak resisten atau potensial resisten biasanya mengambil langkah antisipasi kegagalan berupa
Select one:
a. Paksaan
b. Pendidikan dan komunikasi
c. Negosiasi dan persetujuan
d. Manipulasi dan kooptasi
Question 42
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Reformasi birokrasi merupakan harapan dalam mewujudkan tatapemerintahan yang baik dengan birokrasi pemerintah yang professional,berintegritas tinggi, dan menjadi pelayan masyarakat dan abdi negara, makadiperlukan perubahan-perubahan karena hal-hal berikut ini, kecual
Select one:
a. Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur yang masih tidak seimbangnyaalokasi dalam hal kuantitas, kualitas, dan distribusi PNS, sertaproduktivitas PNS masih rendah
b. Peraturan Perundang-undangan yang masih terdapat tumpang tindih,inkonsistensi, tidak jelas, dan multitafsir
c. Organisasi Pemerintahan yang belum tepat fungsi dan tepat ukuran
d. Pelayanan publik yang sangant baik
Question 43
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Kurt Lewin dalam Chung dan Meggison (1990), menganalogikan
Select one:
a. besi bila akan dirubah bentuk tidak perlu dicairkan untuk bentuk baru
b. Semua pernyataan salah
c. kayu dipotong-potong diubah jadi kursi
d. besi bila akan dirubah bentuknya harus dicairkan (Unpree Ling) agar mudah dibentuk sesuai kebutuhan
Question 44
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Waktu berubah perubahan itupun juga berubah yaitu kecepatan perubahannya yang semakin cepat. terkait dengan hal tersebut adanya berbagai peran agen perubahan secara singkat dapat dijelaskan sebagai berikut antara lain
Select one:
a. pemberi solusi
b. katalis
c. semua benar
d. mediator
Question 45
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Grand design reformasi birokrasi 2010 – 2025 tercantum dimana
Select one:
a. Perpres nomor 79 Tahun 2010
b. Perpres nomor 80 Tahun 2010
c. Perpres nomor 81 Tahun 2010
d. Perpres nomor 82 Tahun 2010
Question 46
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Tujuan komprehensif manajemen perubahan yang menjadi dasar dari perubahan di dalam organisasi diantaranya adalah
Select one:
a. untuk mempertahankan keberlangsungan hidup organisasi
b. semua pernyataan benar
c. menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi di lingkungan eksternal
d. memperbaiki efektifitas organisasi agar dapat  berdaya saing global
Question 47
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Obyek manaJemen perubahan dalam reformasi birokrasi  adalah

Select one:
a. SDM
b. SDA
c. Sarana
d. Rakyat
Question 48
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Model Lesley P dalam manajemen perubahan terkait what did we achieve adalah
Select one:
a. Cukup evaluasi
b. Sebagai upaya monitoring dan evaluasi
c. Cukup monitoring
d. Cukup implementasi
Question 49
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Langkah-langkah manajemen perubahan menurut  Mike Green (2010) sebagai berikut
Select one:
a. organisasi dan integritas terkait mindset, culture dan leadership
b. benar semua
c. orientasi, implementasi dan integritas terkait mindset, culture & leadership
d. Orientasi, organisasi, menggerakkan, implementasi, transisi dan integritas terkait mindset, cultureset dan leadership
Question 50
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Seringkali resistensi terhadap perubahan merupakan hasil ketidakmampuan adaptasi. Hal ini diantisipasi dengan langkah
Select one:
a. Memberikan kemudahan dan dukungan
b. Negosiasi dan persetujuan
c. Partisipasi
d. Pendidikan dan komunikasi

No comments:

Post a Comment