Subscribe:

Ads 468x60px

Sunday 6 October 2019

DIKLAT KUMHAM REFORMASI BIROKRASI (soal Hakikat Reformasi Birokrasi)


Question 1
Complete
Mark 0.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Salah satu penanggung jawab kegiatan reformasi birokrasi Nasional di tingkat Makro adalah?
Select one:
a. Tim Reformasi Birokrasi K/L Pemda
b. Tim Quality Assurance
c. Komite Pengarah Reformasi Birokrasi Nasional
d. Tim Independen

Question 
2
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Organisasi yang tepat fungsi dan tepat ukuran merupakan salah satu tujuan reformasi birokrasi pada area perubahan?

Select one:
a. Penataan Organisasi
b. Tata Laksana
c. Budaya Kerja Aparatur
d. SDM Aparatur
Question 3
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Beberapa model manajemen perubahan, termasuk Reformasi Birokrasi pemerintah sebagai berikut:
Select one:
a. Model Kurt Lewin, Mike Green, ADKAR, Yulian Randall
b. model Kurt Lewin, model Green, ADKAR, Yulian Randall
c. Model Kuret Lewin, Mike Green, ADKAR, Yulian Randall
d. salah semua.
Question 4
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Apa  indicator keberhasilan untuk mengukur sasaran “terwujudnya peningkatan kualitas pelayanan public kepada masyarakat”?
Select one:
a. Peningkatan Kemudahan berusaha dan Indeks Efektifitas Pemerintahan
b. Integritas Pelayanan Publik dan Peningkatan Kemudahan berusaha
c. Indeks Persepsi Korupsi  dan Instansi Pemerintah yang Akuntabel
d. Indeks Persepsi Korupsi  dan Efektifitas Pemerintahan
Question 4
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Apa  indicator keberhasilan untuk mengukur sasaran “terwujudnya peningkatan kualitas pelayanan public kepada masyarakat”?
Select one:
a. Peningkatan Kemudahan berusaha dan Indeks Efektifitas Pemerintahan
b. Integritas Pelayanan Publik dan Peningkatan Kemudahan berusaha
c. Indeks Persepsi Korupsi  dan Instansi Pemerintah yang Akuntabel
d. Indeks Persepsi Korupsi  dan Efektifitas Pemerintahan
Question 6
Complete
Mark 0.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Indeks Efektifitas Pemerintahan dan Instansi Pemerintah yang akuntabel merupakan indikator keberhasilan untuk mengukur sasaran reformasi birokrasi?

Select one:
a. Terwujudnya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik kepada masyarakat
b. Terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik
c. Terwujudnya Pemerintah yang bersih dan Bebas KKN
d. Meningkatnya kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi
Question 7
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
IPK dan WTP merupakan indicator keberhasilan untuk mengukur sasaran reformasi birokrasi?
Select one:
a. Terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik
b. Terwujudnya Pemerintah yang bersih dan Bebas KKN
c. Meningkatnya kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi
d. Terwujudnya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik kepada masyarakat
Question 8
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Melakukan konsultasi atau terapi, serta memberi keterampilan bagi pegawai untuk mempermudah proses perubahan dalam organisasi disebut sebagai  salah satu langkah:
Select one:
a. Pendidikan dan komunikasi
b. Manipulasi dan kooptasi
c. Partisipasi
d. Memberikan kemudahan dan dukungan
Question 9
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Reformasi Birokrasi  merupakan proses pembaharuan yang dilakukan secara :

Select one:
a. Sekaligus dan berkelanjutan
b. Bertahap dan berkelanjutan
c. Tindakan yang yang dilakukan bersifat radikal dan revolusioner
d. Dilakukan secara parsial dan berkelanjutan
Question 10
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Berapa area perubahan pada  roadmap Reformasi Birokrasi gelombang Pertama (2004-2009)?
Select one:
a. 8 Area Perubahan
b. 5 Area Perubahan
c. 6 Area Perubahan
d. 7 Area Perubahan
Question 11
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Salah satu prinsip Reformasi Birokrasi adalah kepatuhan yang maknanya adalah :

Select one:
a. Sesuai perintah KPK
b. Sesuai peraturan perundang-undangan
c. Sesuai perintah DPR dan MPR
d. Sesuai perintah Presiden
Question 12
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Reformasi Birokrasi sangat diperlukan untuk mendorong peningkatan kualitas birokrasi agar memiliki kemampuan menjalankan sustainable development. Pengertian dari frasa ‘sustainable developmet’ adalah : 

Select one:
a. Tujuan pembangunan
b. Tatakelola pemerintahan
c. Ekonomi berkelanjutan
d. Pembangunan berkelanjutan
Question 13
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Yang melaksanakan reformasi birokrasi adalah

Select one:
a.
Perusahaan besar
b.
Perusahaan menengah
c. Seluruh masyarakat
d. Instansi pemerintah
Question 14
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Seorang agen perubahan yang bersedia menyesuaikan perubahan dengan kebutuhan dan kepentingan pihak resisten atau potensial resisten biasanya mengambil langkah antisipasi kegagalan berupa
Select one:
a. Paksaan
b. Manipulasi dan kooptasi
c. Negosiasi dan persetujuan
d. Pendidikan dan komunikasi.
Question 15
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Reformasi Birokrasi mempunyai 3(tiga) sasaran yaitu :

Select one:
a. Meningkatnya kesejahteraan, Netralitas dan kebahagiaan ASN
b. Terwujudnya kemajuan, kolaborasi dan prestasi pemerintahan yang berkelas dunia
c. Terwujudnya Pemerintah yang bebas KKN, Meningkatnya kwalitas pelayanan public dan meningkatnya kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi
d. Terwujudnya kedisiplinan, akuntabilitas dan peforman ASN
Question 16
Complete
Mark 0.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Meningkatnya penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan bebas KKN merupakan salah satu tujuan reformasi birokrasi pada area perubahan?

Select one:
a. Tata Laksana
b. Penataan Organisasi
c. Akuntabilitas
d. Pengawasan
Question 17
Complete
Mark 0.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Seringkali dalam menerima informasi kita tidak meneliti terlebih dahulu ketepatan informasi tersebut. Hal ini merupakan salah satu bentuk kealpaan kita dalam:
Select one:
a. mengantisipasi kegagagan perubahan dalam langkah memberi kemudahan dan dukungan
b. mengantisipasi kegagalan perubahan dalam langkah negosiasi dan persetujuan;
c. mengantisipasi  kegagalan perubahan dalam langkah pendidikan dan komunikasi
d. mengantisipasi kegagalan perubahan dalam langkah negosiasi dan persetujuan
Question 18
Complete
Mark 0.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Kurt Lewin model, bahwa manajemen perubahan yang dipergunakan menggunakan konsep:

Select one:
a. politik global
b. elektronika
c. ekonomi makro
d. ilmu fisika dan teknik
Question 19
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Pelayanan online di kementerian hukum dan  ham dari bentuk reformasi birokrasi di bawah ini kecuali

Select one:
a. Fidusia.
b. Ojol
c. Pendirian perusahaan.
d. E passport
Question 20
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Tanpa kehadiran pemerintahan yang bersih dan berkualitas, yang merupakan tuntutan Reformasi Birokrasi, kita tidak mungkin  mencapai tujuan penerapan/pelaksanaan :

Select one:
a. Pembangunan berkelanjutan
b. Pembangunan ekonomi berkelanjutan
c. Tatakelola berkelanjutan
d. Pembangunan nasional
Question 21
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Dalam pelaksanaan Reformasi didasarkan beberapa prinsip, 3 (tiga) diantaranya adalah :

Select one:
a. Terukur, efisien, efektif
b. Cepat, tepat, akurat
c. Tangguh, luwes, fleksibel
d. Maju, jaya, tepat sasaran
Question 22
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Dalam Reformasi Birokrasi ada 8 (delapan) area perubahan dan 3 (tiga) diantaranya adalah :

Select one:
a. Penataan kesejahteraan, organisasi dan disiplin
b. Penataan keuangan, hukum dan integritas
c. Penataan peraturan perundang-undangan sumber daya manusia (SDM) dan tata laksana
d. Penataan kode etik, birokrasi dan jabatan
Question 23
Complete
Mark 0.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Pengertian Reformasi  adalah :

Select one:
a. Memperbaiki keadaan menjadi lebih baik daripada keadaan sekarang
b. Memperbaiki  atau membuat sesuatu perubahan untuk masa yang akan datang
c. Mengubah atau membuat sesuatu menjadi lebih baik daripada yang sudah ada
d. Memperbaharui sesuatu menjadi lebih baik daripada yang sudah ada
Question 24
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Dibawah ini adalah bentuk managemen perubahan dalam bidan elektronik di yaitu

Select one:
a. data base penjara
b. data base terpisah
c. data base pemasyarakatan on line terintegrasi              
d. data base upt
Question 25
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Tujuan Reformasi adalah :

Select one:
a. Mengarahkan perilaku masyarakat ke arah yang sesuai dengan peraturan
b. Penataan seluruh  kelembagaan  pemerintahan
c. Memperbaiki terus menerus perilaku aparatur pemerintah
d. Mengoreksi dan memperbaharui terus-menerus arah pembangunan bangsa yang selama ini jauh menyimpang, kembali ke cita-cita proklamasi
Question 26
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Sasaran reformasi birokrasi dalam road map 2010-2014 adalah?

Select one:
a. Mewujudkan pemerintahan kelas dunia, yaitu  pemerintahan yang profesional dan berintegritas tinggi yang mampu menyelenggarakan pelayanan prima kepada masyarakat dan manajemen pemerintahan yang demokratis agar mampu menghadapi tantangan pada abad ke 21
b. Menciptakan birokrasi pemerintah yang profesional dengan karakteristik, berintegrasi, berkinerja tinggi, bebas dan bersih KKN, mampu melayani publik, netral, sejahtera, berdedikasi, dan memegang teguh nilai-nilai dasar dan kode etik aparatur negara
c. Birokrasi yang bersih dan akuntabel, birokrasi yang efektif dan efisien, birokrasi yang memiliki pelayanan publik berkualitas
d. Terwujudnya pemerintahan yang bersih dan bebas KKN, meningkatnya kualitas pelayanan publik, meningkatnya kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi
Question 27
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Sistem proses dan prosedur kerja yang jelas, efektif, efisien terukur dan sesuai dengan prinsip-prinsip good governance merupakan salah satu tujuan reformasi birokrasi pada area perubahan?
Select one:
a.
Penataan Organisasi
b. Pengawas
c. Akuntabilitas
d.
Tata Laksana
Question 28
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Menurut saudara apakah revolosi industry bisa mempengaruhi  latar belakang adanya reformasi birokrasi
Select one:
a. Tidak karena pemerintah melihat masyarakat gak ada pengaruh
b. Ya, karena kalo tidak mengadakan reformasi pelayanan masyarakat ketinggalan
c. Tidak, karena masyarakat sudah biasa ada perubahan
d. Ya, sekarang ada ojeg online
Question 29
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Seringkali resistensi terhadap perubahan merupakan hasil ketidakmampuan adaptasi. Hal ini diantisipasi dengan langkah
Select one:
a. Partisipasi
b. Negosiasi dan persetujuan
c. Pendidikan dan komunikasi
d. Memberikan kemudahan dan dukungan
Question 30
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Reformasi Birokrasi yang sekarang ini memasuki tahap kedua (2015-2020) bertujuan :

Select one:
a. Untuk menciptakan Pemerintah yang bersih dan berwibawa untuk kemajuan Bangsa
b. Untuk menciptakan Birokrasi Pemerintah yang professional dengan karakteristik adaptif, berintegritas, berkinerja tinggi, bersih dan bebas KKN, mampu melayani publik, netral, sejahtera, berdedikasi dan memegang teguh nilai-nilai dasar dank ode etik aparatur Negara
c. Untuk meningkatkan Remunerasi dan Kwalitas ASN
d. Untuk meningkatkan kinerja dan kesejahteraan ASN
Question 31
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Di Indonesia pernah mengalami krisis multidimensi  dimulai pada tahun 1997 yaitu berupa krisis

Select one:
a. SDM
b.
Ekonomi
c. Kebangsaan
d. Politik
Question 32
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Reformasi Birokrasi penting dilakukan agar :

Select one:
a. Bangsa Indonesia tidak termarginalisasi oleh arus globalisasi
b. Bangsa Indonesia tidak dikucilkan di tengah-tengah pergaulan dunia
c. Bangsa Indonesia tidak ketinggalan dalam kemajuan ilmu pengetahuan
d. Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang disegani oleh bangsa lain
Question 33
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Dibawah ini adalah bentuk managemen perubahan dalam bidan elektronik di  KI yaitu
Select one:
a. E-Indikasi Geografis
b. E learning
c. E visa
d. E pasport
Question 34
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Reformasi birokrasi pada hakikatnya merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek :

Select one:
a. Kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan dan sumber daya manusia aparatur
b. Penyelenggaraan pemerintahan, penataan administrasi pemerintahan dan ketatalaksanaan
c. Sumber daya manusia, budaya kerja dan tertib penyelenggaraan pemerintahan
d. Pemerintahan, perundang-undangan dan budaya kerja
Question 35
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Berikut sasaran Reformasi Birokrasi gelombang kedua (2010-2014), kecuali?

Select one:
a. Terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik
b. Meningkatnya kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi
c. Terwujudnya Pemerintah yang bersih dan Bebas KKN
d. Terwujudnya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik kepada masyarakat
Question 36
Complete
Mark 0.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Metode pelaksanaan adalah salah satu strategi yang digunakan Agar sasaran reformasi birokrasi dapat tercapai, yaitu dengan cara
Select one:
a. Melakukan berbagai upaya edukasi seperti melalui sosialisasi, public campaign, internalisasi, membangun kesadaran dan komitmen individual
b. Melaksanakan terus program penataan organisasi, tata laksana, sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, akuntabilitas kinerja, dan peningkatan pelayanan publik pada tingkat makro
c. Menerapkan pelaksanaan semua program Reformasi pada tingkat nasional-makro, nasional-meso, dan instansi-mikro K/L/Pemda
d. Membentuk lembaga pengawal reformasi birokrasi dengan sebutan Komite Pengarah Reformasi Birokrasi Nasional
Question 37
Complete
Mark 0.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Apa  indicator keberhasilan untuk mengukur sasaran “terwujudnya pemerintahan yang bersih dan bebas KKN”?
Select one:
a. Indeks Persepsi Korupsi dan Indeks Efektifitas Pemerintahan
b. Indeks Persepsi Korupsi  dan Opini BPK
c. Instansi Pemerintah yang Akuntabel dan Peringkat Kemudahan berusaha
d. Integritas Pelayanan Publik dan Indeks Efektifitas Pemerintahan
Question 38
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Apa  indicator keberhasilan untuk mengukur sasaran “meningkatnya Kapasitas dan Akuntabilitas Kinerja Instansi”?

Select one:
a. Indeks Persepsi Korupsi dan Indeks Efektifitas Pemerintahan
b. Instansi Pemerintah yang Akuntabel dan Peringkat Kemudahan berusaha
c. Indeks Efektifitas Pemerintahan dan Instansi Pemerintah yang Akuntabel
d. Integritas Pelayanan Publik dan Indeks Efektifitas Pemerintahan
Question 39
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Memberikan pengaruh atau mempengaruhi seluruh ASN untuk mengimplementasikan rencana perubahan dengan benar  merupakan salah satu cara ...
Select one:
a. Pengendalian manajemen perubahan birokrasi
b. Penggerakan manajemen perubahan birokrasi
c. Pengorganisasian manajemen perubahan birokrasi
d. Pengawasan manajemen perubahan birokrasi
Question 40
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Obyek managemen perubahan dalam reformasi birokrasi  adalah

Select one:
a. Sarana
b. SDA
c. Rakyat
d.

SDM     
Question 41
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Penyebab kegagalan dalam melaksanakan perubahan menurut Hussey (2000) terdiri dari beberapa penyebab berikut ini, kecuali:

Select one:
a. Pimpinan kurang memiliki kapasitas untuk melakukan perubahan
b. Banyak masalah yang tidak teridentifikasi sebelumnya
c. Memprediksi waktu pelaksanaan perubahan secara singkat
d. Aktivitas perubahan tidak cukup terorganisir
Question 42
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Integritas Pelayanan Publik dan Peringkat Kemudahan berusaha merupakan indikator keberhasilan untuk mengukur sasaran reformasi birokrasi?

Select one:
a. Meningkatnya kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi
b. Terwujudnya Pemerintah yang bersih dan Bebas KKN
c. Terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik
d. Terwujudnya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik kepada masyarakat
Question 43
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Apakah sasaran Reformasi Birokrasi gelombang Pertama (2004-2009)?

Select one:
a. Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik
b. Terwujudnya Birokrasi yang bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme
c. Meningkatnya kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi
d. Terwujudnya Pemerintah yang bersih dan Bebas KKN
Question 44
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Ancaman dan sanksi bagi pihak yang resisten dalam sebuah organisasi merupakan salah satu langkah antisipasi kegagalan berupa
Select one:
a. negosiasi dan persetujuan
b. Manipulasi dan kooptasi
c. Paksaan
d. pendidikan dan komunikasi
Question 45
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Reformasi Birokrasi adalah langkah strategis untuk membangun aparatur negara agar :

Select one:
a. Organisasinya ramping sehingga menjadi efisien dalam pelaksanaan tugas
b. Bisa melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya
c. Mendapatkan penghargaan yang layak dengan remunerasi yang tinggi
d. Lebih berdaya guna dan berhasil guna dalam mengemban tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional
Question 46
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Reformasi birokrasi adalah suatu implementasi untuk mewujudkan cita cita bangsa  yang tertuang dalam pembukaan UUD 45 yaitu diantaranya

Select one:
a. Sarana rakyat
b. Kesejahteraan rakyat
c. Religi rakyat
d. Ibadah rakyat
Question 47
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Reformasi ini harus dilakukan mulai dari pejabat tertinggi, seperti :

Select one:
a. Walikota/Bupati Kepala Daerah  pada suatu kota atau kabupaten sebagai motor penggerak utama pembangunan di daerah diikuti oleh seluruh aparatur dibawahnya
b. Presiden dalam suatu negara atau menteri/kepala lembaga pada suatu departemen dan kementerian negara/lembaga negara, sebagai motor penggerak utama diikuti oleh seluruh aparatur dibawahnya
c. Seluruh lapisan pemerintahan dan masyrakat
d. Gubernur Kepala Daerah  pada suatu provinsi sebagai motor penggerak utama pembangunan di daerah diikuti oleh seluruh aparatur dibawahnya
Question 48
Complete
Mark 0.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Apabila inisiator (penggagas) perubahan memiliki kekuasaan besar dan kecepatan menjadi hal yang esensial, maka langkah yang pasti diambil untuk mengantisipasi kegagalan adalah:

Select one:
a. Partisipasi
b. pendidikan dan komunikasi
c. Manipulasi dan kooptasi
d. Paksaan
Question 49
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
8 area perubahan salahsatunya adalah dari Pengawasan hasil yang diharapkan adalah
Select one:
a. Meningkatnya kapasitas dan kapabilitas kinerja birokrasi
b. Pelayanan prima sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat
c. Meningkatnya penyelenggaraan pemerintahan yang bebas KKN
d. Aparatur yang berintegritas, netral, kompeten, capable, profesional, berkinerja tinggi dan sejahtera
Question 50
Complete
Mark 2.00 out of 2.00
Flag question
Question text
Arah yang akan dicapai reformasi antara lain adalah:

Select one:
a. Kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah meningkat
b. Tercapainya pelayanan masyarakat secara efektif dan efisien
c. Tingkat kesejahteraan pegawai terpenuhi
d. Masyarakat merasakan pemerintah hadir ditengah-tengah mereka

No comments:

Post a Comment