Subscribe:

Ads 468x60px

Monday 7 October 2019

Diklat Manajemen Perkantoran Kemenkumham (materi)


Kata manajemen berasal dari bahasa Italia maneggiare yang berarti mengendalikan, terutama dalam konteks mengendalikan kuda, yang berasal dari bahasa latinmanus yang berarti "tangan".Bahasa Prancis lalu mengadopsi kata ini dari bahasa Inggris menjadi ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur.

Menurut The Liang Gie, Manajemen adalah rangkaian kegiatan menggerakkan orang-orang untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Namun, kadang-kadang istilah administrasi dengan manajemen sering tidak dibedakan karena merupakan suatu proses untuk mencapai tujuan. Sedangkan menurut Ricky W. Griffin manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.

Dari pengertian kantor dan manajemen atas maka kegiatan perkantoran perlu direncanakan, diorganisasikan, digerakkan oleh semua sumber daya yang terlibat atau dilibatkan, perlu diawasi serta dikendalikan dengan sebaik-baiknya agar organisasi dapat mencapai tujuannya. 

Menurut George Terry, Manajemen Perkantoran adalah ”Controlling and organizing of office work, and actuating those performing is so as to achieve the predeterminedobjective. It deals with the life cycle of business information and retention if of permanent value, or destruction if obsolete” (Manajemen Perkantoran adalah perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran serta menggerakan mereka yang melaksanakannya agar mencapai tujuan-tujuan yang telah ditentukan lebih dahulu. Ini bersangkut paut dengan peredaran hidup data dan keterangan perusahaan dari sejak penciptaan melalui pemeliharaan, penyebaran, dan penyimpanannya kalau memiliki nilai tetap atau pemusnahannya kalau usang).

 Menurut The Liang Gie, Manajemen Perkantoran adalah rangkaian aktivitas merencanakan, mengorganisasikan (mengatur, menyusun), mengarahkan (memberikan arah dan petunjuk), mengawasi dan mengendalikan (melakukan kontrol) sampai menyelenggarakan secara tertib sesuatu hal

Dengan demikian, pengertian manajemen perkantoran yaitu, penyelenggaraan semua kegiatan yang bertalian dengan pelaksanaan pekerjaan kantor.
Namun demikian, cakupan manajemen perkantoran tidak hanya kegiatan perkatoran, manajemen perkantoran juga menyangkut segala sesuatu yang berkaitan dengan pekerjaan kantor yakni pegawai, prosedur dan metode, biaya perkantoran dan lain-lain.


by : Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM


No comments:

Post a Comment