Subscribe:

Ads 468x60px

Sunday 6 November 2016

Outing Class 2016 MTs Al I'Tisham Wonosari Gunungkidul

Assalamualaikum teman teman se Indonesia, perkenalkan kami siswa  MTs Al I'Tisham Wonosari Gunungkidul Yogyakarta. Tahun ini kami Outing Class bertema Teknologi. Dalam outing class ini  kami serombongan (3 bus) mempunyai 3 tujuan,  yaitu Perpustakaan Daerah di Jogja,  kemudian ke pusat teknologi pembangkit listrik tenaga Hybrid, dan ke pantai Baru. Outing class ini dilaksanakan  hari Rabu  tanggal 2 November 2016 lalu.  Rombongan kami berangkat dari sekolah pukul 6.40 WIB dan pastinya berdoa terlebih dahulu. Alkhamdulillah semua rombongan selama perjalanan tidak ada yang mabuk kendaraan.
Saat tiba di tujuan pertama yaitu perpustakaan daerah, semua peserta  outing class senang dan  riang.  Kami disambut dengan ramah  oleh petugas disana,  kami dipersilahkan masuk ke ruang Audio visual yang bagus banget. Kegiatan kami di sana  diawali dengan nonton bareng (ya  seperti  bioskop gitu). Lalu kegiatan dilanjutkan dengan observasi ke seluruh penjuru perpustakaan dengan dibagi ketiga kelompok. Saat observasi kami semua juga mengisi lembar aktivitas. Sangaaaat mengasyikkan berada  di perpustakaan itu. Di sana nyaman, sejuk, dan yang pasti  banyak ilmu yang dapat kita dapatkan. Di perpustakaan itu juga  terdapat wahana  unggulan  hlo,  yaitu bioskop 6 dimensi. Pastinya kereeennn banget!  :-)
Setelah semua dirasa cukup,  kami serombongan pun pamitan dengan pihak perpustakaan dan bersiap siap melanjutkan perjalanan ke pusat teknologi pembangkit listrik tenaga hybrid di daerah Pandan Simo Bantul. Perjalanan dari perpustakaan menuju pusat teknologi tersebut memakan waktu sekitas 1,5 jam. Perjalanan kami pun diiringi hujan deras Membuat suasana nyaman untuk tidur. Alkhamdulillahnya, saat  sampai tujuan, hujanpun reda.
Di pusat teknologi itu, kami awali kegiatan dengan solat berjamaah bersama-sama lalu makan bersama.
Siswa peserta outing class semua merasa gembira dapat dilihat cerianya semua.
Kegiatan selanjutnya adalah menggali ilmu di pusat teknologi pembangkit listrik tenaga hybrid itu. Di sana, kami disambut oleh petugas petugas nya yang ramah ramah. Kami dijelaskan dengan rinci dan jelas mengenai apa itu teknologi hybrid. Kami semua juga diajak melihat panel surya, kincir angin yang berjejer jejer rapi, kolam ikan, batrai/aki penyimpan listrik dan juga teknologi biogas yang banyak manfaatnya.
Teknologi hybrid tersebut menggabungkan tenaga angin sebagai penggerak kincir dan panas matahari untuk panel surya menjadi listrik. Listrik yang dihasilkan pun banyak manfaatnya dan yang pasti ramah lingkungan serta terbarukan. Terbarukan dikarenakan bahan/tenaga penghasil listrik berasal dari angin dan panas matahari yang itu selalu ada.  Untuk Teknologi biogas di sana memanfaatkan kotoran sapi. Komplek teknologi di sana juga terdapat peternakan sapi yang jumlahnya sangat banyak juga petugasnya juga banyak.
Dapat kita semua simpulkan, satu komplek di daerah teknologi itu bisa swasembada energi. Listrik tidak bergantung PLN dan untuk ibu ibu yang mau masak bisa menggunakan biogas yang sudah disalurkan.
Peserta outing class pun senang  dan banyak ilmu yang didapat.  Kegiatan  selanjutnya adalah  kegiatan  bebas di pantai Baru.  Pantai Baru ini berjarak 150 meter dari pusat teknologi pembangkit listrik tenaga hybrid itu.  Di pantai Baru tersebut terdapat wahana  motor ATV dengan sewa 15ribu selama 20menit. Banyak siswa yang menikmati wahana itu. Pantai ini, keadaanya sejuk, nyaman, dan pemandangannya indah.  Pantai ini juga merupakan pendaratan kapal pencari ikan. Saat kami disana, ada kapal yang mendarat dan membawa hasil tangkapan yang banyak.
Setelah waktu menunjukkan sore hari kami serombongan pun bergegas mengakhiri kegiatan outing class ini, dan pulang ke selokah kami MTs Al I'Tisham Wonosari Gunungkidul.
Outing Class MTs Al I'Tisham Wonosari Gunungkidul 

Outing Class 2016

Pantai Baru Bantul 

Kami Ceria 

Saat di teknologi biogas 


Sekian cerita dan Sharing dari kami, semoga bermanfaat. Sampai jumpa lain waktu,  Wassalamualaikum...

No comments:

Post a Comment