Subscribe:

Ads 468x60px

Sunday 1 January 2017

Teori motivasi pertama kalinya dikenalkan oleh Maslow



Teori Motivasi
Teori motivasi pertama kalinya dikenalkan oleh Maslow yang disebut dengan “Teori Heirarki” (kebutuhan untuk mendeteksi kebutuhan manusia). Teori ini membagi kebutuhan manusia ke dalam lima kategori kebutuhan, yaitu :
1.      Kebutuhan fisiologis
Adalah kebutuhan manusia yang paling dasar, yangmana meliputi kebutuhan biologis seperti kebutuhan makan, minum, sandang, papan, dan udara.
2.      Kebutuhan rasa aman (safe needs)
Adalah kebutuhan yang mendorong seseorang untuk memperoleh / mendapatkan rasa aman, tentram, kepastian, dan keteraturan.
3.      Kebutuhan kasih sayang
Kebutuhan kasih sayang ini mendorong tiap-tiap individu untuk menjalankan hubungan emosional dengan individu lain, baik sesama jenis maupun lain jenis di lingkungan keluarga atau masyarakat.
4.      Kebutuhan akan harga diri (untuk dihormati)
Semua orang (yang berakal sehat) pastinya ingin dihormati, dihargai, dan diberi keakraban. Kebutuhan itu manusiawi, karena itu adalah hasrat.
5.      Kebutuhan akan aktualisasi diri (needs of self actualization)
Kebutuhan ini adalah kebutuhan paling puncak pada individu yaitu keinginan pembuktian dan pengakuan bahwa dirinya memiliki peran dan diakui keberadaannya.

Dengan membangkitkan kelima motivasi tersebut, diharapkan kita semua dapat mencapai hasil yang baik dalam prestasi hidup. Orang bijak berkata “lakukan apapun kegiatan hidupmu dengan sebaik mungkin, niscaya jalan menuju puncak akan terbuka lebar” ,maksudnya adalah marilah melakukan apapun aktivitas keseharian kita dari bangun tidur hingga tidur lagi dengan sebaik mungkin, misal makan dengan cara sebaik mungkin, ngobrol dengan sebaik-baik kata, ibadah dengan sebaik dan sekhusuk mungkin, berlalulintas dengan setertib mungkin, berbelanja dengan sebijak mungkin, dan lain sebagainya, maka niscaya jalan menuju kesuksesan hidup akan terbuka lebar.

Instagram : gunawanbudi_utomo
Gunawan Budi Utomo Sukses Amin

No comments:

Post a Comment