Subscribe:

Ads 468x60px

Wednesday 15 November 2017

Apa itu Satelit, Komet, Asteroid, Meteorid

A. Satelit
Satelit adalah benda langit yang beredar mengelilingi Matahari dan planet induknya. seperti planet, satelit juga berputar pada porosnya.

 B. Komet
Komet berasal dari kata latin yang memiliki arti rambut karena ekor komet yang terlihat seperti rambut. Komet adalah salah satu benda langit yang berukuran kecil, seperti halnya Asteroid, tetapi memiliki komposisi yang berbeda. Materi penyusun komet terdiri atas zat padat, debu, es, dan gas yang mudah menguap. Komet mengitari Matahari dengan garis edar berbentuk elips yang lebih lonjong. Pada saat lintasan komet mendekati Matahari, panas matahari membuat susu komet naik dan membakar material penyusunnya. Partikel yang menguap terlihat di angkasa seperti ekor.

C. Asteroid
Asteroid adalah benda angkasa yang terbesar berukuran beberapa ratus kilometer sampai yang terkecil berukuran kurang dari satu kilometer. Kebanyakan asteroid beredar mengelilingi Matahari dengan orbit di antara planet Mars dan planet Jupiter. kumpulan asteroid yang beredar dalam lintasan utama tersebut disebut sabuk asteroid.

D. Meteorid, Meteor, dan Meteorit
Meteorid atau bintang jatuh adalah asteroid atau komet yang jatuh dan masuk ke dalam atmosfer bumi. Meteor itu bergesekan dengan lapisan atmosfer maka timbullah panas sehngga meteor akan berpijar. kebanyakan meteor akan habis terbakar sebelum sampai di permukaan bumi.
Meteor yang sampai ke permukaan bumi disebut meteorit. sebuah meteorit sangat besar yang pernah jatuh ke bumi membentuk kawah berdiameter kurang lebih 1.265 meter dengan kedalaman kurang lebih 190 meter terletak di Arizona, Amerika Serikat

No comments:

Post a Comment