Pages

Thursday, 15 September 2016

Soal UTS Matematika Kelas 8 Semester 1


UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
MATEMATIKA
MTs AL I’TISHAM WONOSARI GUNUNGKIDUL
I.                  
B
 
A
 
Kerjakan dengan memberi tanda (X) pada jawaban yang benar
1.      Bentuk 3a + 2b + 2a2 + 11b2 + 5 merupakan bentuk aljabar suku .... .
a.       empat                     c. lima
b.      dua                         d. Tiga

2.      Perhatikan bentuk aljabar berikut:
3a + 2b + 2a2 + 11b2 + 5
Koefisien dari variabel b2 adalah .... .
a.       11b2                        c. 5
b.      3a + 2b                   d. 11

3.      Hasil dari 9(12a + 2) adalah .... .
a.       108a2 + 18a          c. 118a – 18
b.      108a + 18             d. 118 – 18a

4.      Perhatikan bentuk aljabar berikut:
3a + 2b + 2a - 11b - 6a
Bentuk sederhananya adalah .... .
a.       -1a - 13b                c. -a - 9b
b.      5a - 9b                   d. 5a + 9b

5.      Hasil dari (x - 1) (x + 1) adalah ..... .
a.       x2 - 2x -1                c. x2 + 2x -1
b.      x2 - 1                      d. x2 + 1

6.      Hasil dari (p + 12) (p + 12)
Adalah .... .
a.       p2 + 24p - 144        c. p2 - 24p + 144
b.      p2 - 24p - 144         d. p2 + 24p + 144

7.      Hasil dari (2q + 2) (3q - 3) adalah .... .
a.       6q2 - 6                      c. 6q2 + 6a - 6
b.      6q2 + 6                     d. 6q2 - 12a - 6

8.      Faktor dari bentuk aljabar berikut
x2 + 4x + 4 adalah .... .
a.       (x + 2) (x + 2)          c. (x + 4) (x + 1)
b.      (x - 2) (x - 2)            d. (x - 2) (2x – 1)
9.   
13
14
15
16
17
18
19
 







Relasi dari himpunan A ke himpunan B pada diagram panah diatas adalah .... .
a.       Faktor dari             c. Lebih dari
b.      Satu kurangnya      d. Akar dari

10.  Relasi antara dua himpunan dapat dinyatakan dengan cara berikut ini, kecuali ... ...
a.       Diagram panah      c. Diagram kartesius
b.      Diagram Venn       d. Himpunan
pasangan berurutan

11.  Himpunan pasangan berurutan dibawah ini yang merupakan fungsi adalah.... .
a.       {(1,2), (1,2), (2,3)}  c. {(1,2), (2,2), (3,2)} 
b.      {(2,8), (2,9), (6,9)}  d. {(2,7), (3,2), (3,8)} 

12.  Perhatikan kembali soal nomor 9.
Range nya adalah... .
a.       { 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19}
b.      {13, 14, 16, 18}
c.       {14, 15, 17, 19}
d.      {13, 16, 18}

13.  Gradien garis dengan persamaan berikut
y = -5x + 6
adalah.... .
a.       5 + 6                      c. 6
b.      -5                           d. y

14.  Gradien garis yang melalui titik-titik (1,6) dan (3,2)
adalah .... .
a.                                   c. 3
b.      2                             d. -2

15.  Titik koordinat yang dilalui persamaan garis y = x + 6
adalah ...... .
a.       (1, 7)                      c. (0, -6)
b.      (2, 9)                      d. (-1, 7)

Bismillah saya ber ikrar dalam hati,
Untuk tidak curang sedikitpun, amin. J



II.                Kerjakan dengan langkah atau caranya ( teliti itu penting )
1.      Hasil dari :
a)      (x + 6) (x + 7) = ...... .......
b)      (2k – 5) (k – 6) = ...... ......
c)      (w + 1) (w + 1) = ..... .......

2.      Faktorkan lah :
a)      x2 + 10x + 21 = ( ........... ) ( ............ )
b)      4y – 20   = ..... ( ............. )

3.      Ubahlah himpunan pasangan berurutan berikut ini ke bentuk diagram kartesius
a)      {(1, 3), (3, 3), (6, 10), (7, 11), (8, 8), (9, 8), (10, 12)}
b)      {(0, 1), (1, 2), (2, 3), (3, 4), (4, 5), (5, 10), (6, 7)}
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

4.      Apa perbedaan Relasi dan Fungsi? Jelaskan dan berikan contoh dengan diagram panah !
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
5.      Gambarkan garis dengan persamaan :
a)      y = 4x – 3 , dimana x dan y adalah variabel pada bilangan real
b)      y = x + 1 , dimana x dan y adalah variabel pada bilangan real
...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................



UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
MATEMATIKA
MTs AL I’TISHAM WONOSARI GUNUNGKIDUL
I.                  
B
 
A
 
Kerjakan dengan memberi tanda (X) pada jawaban yang benar
1.      Bentuk 2a + 2b + 2a2 + 17b2 + 6 merupakan bentuk aljabar suku .... .
a.       empat                     c. dua
b.      lima                       d. Tiga

2.      Perhatikan bentuk aljabar berikut:
2a + 2b + 2a2 + 17b2
Koefisien dari variabel b2 adalah .... .
a.       17                            c. 2a2
b.      2a + 2b                   d. 17b2

3.      Hasil dari 8(11a + 3) adalah .... .
a.       88a2 + 24a            c. 98a – 24
b.      24a + 18               d. 88a + 24

4.      Perhatikan bentuk aljabar berikut:
11a + 2b + 2a - 11b - 6a
Bentuk sederhananya adalah .... .
a.       -1a - 13b                c. -7a - 9b
b.      7a + 9b                   d. 7a - 9b

5.      Hasil dari (x - 1) (x + 1) adalah ..... .
a.       x2 - 2x -1                c. x2 + 2x -1
b.      x2 + 1                      d. x2 - 1

6.      Hasil dari (p + 12) (p + 12)
Adalah .... .
a.       p2 + 24p + 144        c. p2 - 24p + 144
b.      p2 - 24p - 144         d. p2 + 24p - 144

7.      Hasil dari (3q + 3) (2q - 2) adalah .... .
a.       6q2 - 6                      c. 6q2 + 6a - 6
b.      6q2 + 6                     d. 6q2 - 12a - 6

8.      Faktor dari bentuk aljabar berikut
x2 + 4x + 4 adalah .... .
a.       (x + 2) (x + 2)          c. (x + 4) (x + 1)
b.      (x - 2) (x - 2)            d. (x - 2) (2x – 1)
9.     
13
14
15
16
17
18
19
 







Relasi dari himpunan A ke himpunan B pada diagram panah diatas adalah .... .
a.       Faktor dari             c. Lebih dari
b.      Satu kurangnya      d. Akar dari

10.  Relasi antara dua himpunan dapat dinyatakan dengan cara berikut ini, kecuali ... ...
a.       Diagram Venn      c. Diagram kartesius
b.      Diagram panah     d. Himpunan
pasangan berurutan

11.  Himpunan pasangan berurutan dibawah ini yang merupakan fungsi adalah.... .
a.       {(1,2), (1,2), (2,3)}  c. {(1,2), (2,2), (3,2)} 
b.      {(2,8), (2,9), (6,9)}  d. {(2,7), (3,2), (3,8)} 

12.  Perhatikan kembali soal nomor 9.
Range nya adalah... .
a.       { 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19}
b.      {13, 14, 16, 18}
c.       {14, 15, 17, 19}
d.      {13, 16, 18}

13.  Gradien garis dengan persamaan berikut
y = -5x + 6
adalah.... .
a.       5 + 6                      c. 6
b.      -5                           d. y

14.  Gradien garis yang melalui titik-titik (1,6) dan (3,2)
adalah .... .
a.                                   c. 3
b.      2                             d. -2

15.  Titik koordinat yang dilalui persamaan garis y = x + 6
adalah ...... .
c.       (1, 7)                      c. (0, -6)
d.      (2, 9)                      d. (-1, 7)

Bismillah saya ber ikrar dalam hati,
Untuk tidak curang sedikitpun, amin. J



II.                Kerjakan dengan langkah atau caranya ( teliti itu penting )
16.  Hasil dari :
a)      (x + 7) (x + 6) = ...... .......
b)      (2k – 5) (k – 6) = ...... ......
c)      (w + 1) (w + 1) = ..... .......

17.  Faktorkan lah :
a)      x2 + 10x + 21 = ( ........... ) ( ............ )
b)      4y – 20   = ..... ( ............. )

18.  Ubahlah himpunan pasangan berurutan berikut ini ke bentuk diagram kartesius
a)      {(1, 3), (3, 3), (6, 10), (7, 11), (8, 8), (9, 8), (10, 12)}
b)      {(0, 1), (1, 2), (2, 3), (3, 4), (4, 5), (5, 10), (6, 7)}
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

19.  Apa perbedaan Relasi dan Fungsi? Jelaskan dan berikan contoh dengan diagram panah !
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
20.  Gambarkan garis dengan persamaan :
a)      y = 3x – 2 , dimana x dan y adalah variabel pada bilangan real
b)      y = x + 2 , dimana x dan y adalah variabel pada bilangan real
...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................










Yuk Ikut Paket Les Online dan Konsultasi PR Online
KLIK LES ONLINE
YUK

Seru banget....
' 

No comments:

Post a Comment