Uji Kompetensi Guru disingkat UKG adalah sebuah kegiatan
Ujian untuk mengukur kompetensi dasar tentang bidang studi (subject
matter) dan pedagogik dalam domain content Guru. Kompetensi dasar bidang
studi yang diujikan sesuai dengan bidang studi sertifikasi (bagi guru
yang sudah bersertifikat pendidik) dan sesuai dengan kualifikasi
akademik guru (bagi guru yang belum bersertifikat pendidik). Kompetensi
pedagogik yang diujikan adalah integrasi konsep pedagogik ke dalam
proses pembelajaran bidang studi tersebut dalam kelas
https://id.wikipedia.org/wiki/Uji_kompetensi_guru
nah, berikut kami memiliki contoh soal UKG
Semoga bermanfaat dan berguna
UJI COBA UKG
MATERI PAEDAGOGIS
1. Howard Gardner
berpendapat bahwa pada diri peserta didik memiliki kecerdasan yang beraneka
ragam yang dikenal dengan “multiple intelligence”. Berikut ini yang
tidaktermasuk jenis multiple intelligence ialah:
A. kecerdasan
musikal dan logical matematika
B. kecerdasan
linguistik dan kinestik
C. kecerdasan
intrapersonal dan spatial
D. kecerdasan
spiritual dan emosional*
E. kecerdasan
interpersonal
2. Unesco PBB
menetapkan 4 pilar pendidikan, yaitu: Learning to know, learning to do,
learning to live together dan .............................
A. learning
to be*
B. learning
to learn
C. learning
to experience
D. learning
to understand
E. learning
university
3. Penerapan aturan
kedisiplinan di sekolah yang berkait dengan pemberian reward dan punishment merupakan merupakan perwujudan
dari teori pendidikan …….
A. konstruktivistik
B. behavioristik*
C. kognitivistik
D. konektivistik
E. realistic
4. Dalam pembelajaran
yang berbasis konstruktivistik, guru lebih banyak berperan sebagai......
A. stimulan*
B. fasilitator,
kolaborator, inspirator
C. pelatih
D. panutan
E. Instruktur
5. Sekolah
berkewajiban untuk mengembangkan life skills siswa. Tujuannya adalah agar siswa .......
A. mampu
hidup bahagia
B. memiliki
ketrampilan vokasional*
C. memiliki
keunggulan akademik
D. mampu
mengerjakan setiap butir soal dalam ujian
E. mampu
mandiri
6. Guru sebagai
pendidik profesional mempunyai tugas utama……….
A. membimbing, mengarahkan, melatih,
menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur
pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
B. mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih,
menilai, dan mengevaluasipeserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur
pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
C. mendidik, mengajar, membimbing,
mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi
peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal,
pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.*
D. mendidik, membimbing, mengarahkan,
melatih, menilai, dan mengevaluasipeserta didik pada pendidikan anak usia dini
jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
E. mendidik, mengajar, membimbing,
mengarahkan, melatih, peserta didik pada
pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
7. “Ing ngarso sung
tulodo,Ing madyo mangun karso,Tut wuri handayani” (Ki hajar Dewantoro). Manakah
pernyataan dibawah ini yang mencerminkan bukan sikap guru dalam prinsip kepemimpinan pembelajaran tersebut,
yaitu...........
A. guru harus bisa menjadi contoh yang
baik bagi anak didiknya
B. guru menjadi sahabat belajar siswa
C. guru menjadi fasilitator dan inovator
dalam proses pembelajaran
D. guru menjadi satu-satunya sumber
belajar*
E. guru memberikan penghargaan kepada
siswa
8. Seorang guru perlu
bersikap inklusif dan objektif terhadap peserta didik, teman sejawat, dan
lingkungan sekitar dalam melaksanakan pembelajaran. Contoh berikut yang sesuai
dengan pernyataan di atas adalah ...
A. Dia adalah seorang guru yang bangga
dan menjunjung tinggi pekerjaannya, dalam melakukan penilaian sesuai kemampuan
peserta didik .*
B. Dia adalah seorang guru yang
senantiasa berkomunikasi dengan orang tua peserta didik terutama kalau ada
permasalahan dari putera atau puterinya.
C. Sebagai seorang guru, dia selalu
menyayangi dan memperhatikan
perkembangan peserta didiknya.
D. Ketika seorang guru memarahi peserta
didik, ada guru lain tidak terima dan menasehati agar tidak mengulangi.
E. Seorang guru selalu melaksanakan apa
yang diusulkan oleh orang tua peserta didiknya agar tercipta keharmonisan.
9. Kepribadian guru
dengan menampilkan tindakan yang sesuai dengan norma religius (iman dan takwa, jujur, ikhlas, suka
menolong), dan memiliki perilaku yang diteladani peserta didik, maka guru
tersebut … .
A. memiliki kepribadian yang dewasa
B. memiliki kepribadian yang mantap dan
stabil,
C. memiliki kepribadian yang arif
D. memiliki kepribadian yang berwibawa
E. memiliki akhlak mulia dan menjadi
teladan*
10. Beberapa hal yang
perlu diperhatikan oleh seorang guru supaya menjadi teladan bagi peserta didik
adalah sebagai berikut, kecuali ….
A. Guru harus memiliki sikap dan
kepribadian utuh yang dapat dijadikan tokoh panutan idola dalam seluruh segi
kehidupannya
B. Guru harus berusaha memilih dan
melakukan perbuatan yang positif agar dapat mengangkat citra baik dan
kewibawaannya
C. Guru harus mengimplementasikan
nilai-nilai tinggi terutama yang diambilkan dari ajaran agama
D. Guru harus mempunyai sifat terpuji
yang dapat diikuti oleh peserta didik
E. Guru harus dapat mempengaruhi peserta didik agar meniru
tingkah lakunya*
11. Learning dalam behaviorisme
menekankan adanya….
A. Perubahan pengetahuan
B. Interaksi terus
menerus
C. Perubahan perilaku*
D. Pemaknaan informasi
baru
E. Pembelajaran bermakna
12. Pelaksanaan
penilaian kinerja guru dimaksudkan bukan untuk menyulitkan guru, tetapi
sebaliknya penilaian kinerja guru dilaksanakan untuk mewujudkan guru yang
.................
A. Profesional, bermartabat dan sejahtera
karena harkat dan martabat suatu profesi ditentukan oleh kualitas layanan
profesi yang bermutu*
B. Mau menerima tunjangan profesi
pendidik dan mau mengembangkan kompetensinya
C. Mau dan mampu mengembangkan
kompetensinya serta selalu mengharap-harap turunnya TPP.
D. Mau dan mampu meningkatkan layanan
profesi pendidik yang bermutu.
E. Mau menerima tunjangan profesi
pendidik (TPP) tetapi tidak mau dimasukkan surga.
13. Pedoman
Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru ini disusun untuk memperluas pemahaman
semua pihak terkait tentang prinsip, proses, dan prosedur pelaksanaan penilaian kinerja guru, sebagai suatu sistem penilaian kinerja
yang ………..
A. Berbasis kompetensi
(competence-based)*
B. berbasis bukti (evidence-based
appraisal).
C. Berbasis manajemen sekolah
(school-based management)
D. Berbasis proses (process-based)
E. Berbasis hasil (product-based)
14. Penilaian
kinerja guru adalah penilaian yang dilakukan terhadap …………
A. setiap butir kegiatan tugas utama guru
dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya.
B. setiap butir kompetensi guru dalam
rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya.
C. setiap butir kompetensi pedagogik dan
professional guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya.
D. setiap butir kompetensi kepribadian,
pedagogic, social dan professional guru dalam rangka pembinaan karir,
kepangkatan, dan jabatannya.*
E. setiap butir kompetensi guru dan
tambahan guru dalam rangka
15. Guru sebagai
pendidik profesional mempunyai tugas utama……….
A. membimbing, mengarahkan, melatih,
menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur
pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah
B. mengajar, membimbing, mengarahkan,
melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini
jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah
C. mendidik, mengajar, membimbing,
mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan
anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan
menengah*
D. mendidik, membimbing, mengarahkan,
melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini
jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah
E. mendidik, mengajar, membimbing,
mengarahkan, melatih, peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur
pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah
16. Ekspresi positif seorang
guru diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai berikut, kecuali....
A. Menyayangi peserta didik dalam
kebaikan
B. Memberikan keteladanan dalam beribadah
C. Berdoa setiap mengawali belajar dan
berdisiplin
D. Memberikan senyum, salam, sapa dan
santun*
E. Marah-marah dan berlaku kasar
terhadap orang lain
17. Ciri-ciri pribadi
yang memiliki kecerdasan sosial adalah ......
A. Adanya hubungan yang kuat dengan
Tuhan, memberi manfaat kepada lingkungan, dan menghasilkan karya untuk
membangun orang lain*
B. Bertanggungjawab, berdedikasi dan
berwibawa
C. Berperilaku baik, bertanggungjawab
dan disiplin
D. Profesional, pengalaman dan
menggembangkan diri
E. Berjiwa sosial, profesional dalam
bekerja dan jujur
18. Cara guru untuk
melakukan komunikasi untuk menunjukkan hasil-hasil inovasi pembelajaran
kepada komunitas profesi dilakukan
adalah .......
A. Lisan, tulisan dan bentuk lain
B. Paparan
C. Media pembelajaran*
D. Bahan pembelajaran
E. Metode pembelajaran
19. Manakah indikator
kompetensi pedagogik berikut paling tepat?:
A. Mengenali peserta didik, menguasai
teori belajar, memahami prinsip-prinsip pembelajaran, mengembangkan kurikulum,
melakukan kegiatan yang mendidik, memahami dan mengembangkan potensi peserta
didik, guru memberikan penghargaan terhadap berbagai agama dan keyakinan yang
dianut, melakukan penilaian dan evaluasi.
B. Mengenali peserta didik, menguasai
teori belajar, memahami prinsip-prinsip pembelajaran, mengembangkan kerjasama
dengan teman sejawat, melakukan kegiatan yang mendidik, memahami dan
mengembangkan potensi peserta didik, komunikasi dengan peserta didik, melakukan
penilaian dan evaluasi.
C. Mengenali peserta didik, menguasai
teori belajar, memahami prinsip-prinsip pembelajaran, mengembangkan kurikulum,
melakukan kegiatan yang mendidik, memahami dan mengembangkan potensi peserta
didik, komunikasi dengan peserta didik, melakukan penilaian dan evaluasi.
D. Mengenali peserta didik, menguasai
teori belajar, memahami prinsip-prinsip pembelajaran, mengembangkan kurikulum,
melakukan kegiatan yang mendidik, memahami dan mengembangkan potensi peserta
didik, komunikasi dengan sopan dan santun, melakukan penilaian dan evaluasi.
E. Mengenali peserta didik, menguasai
teori belajar, memahami prinsip-prinsip pembelajaran, mengembangkan kurikulum,
melakukan kegiatan yang mendidik, memahami dan mengembangkan potensi peserta
didik, mengawali dan mengakhiri pembelajaran tepat waktu, melakukan penilaian dan
evaluasi.*
20. Kompetensi guru
yang digunakan sebagai dasar PK Guru adalah tugas guru yang terkait dengan
tugas pembelajaran, pembimbingan, atau tugas tambahan yang relevan dengan
fungsi sekolah. Manakah dasar PK Guru yang terkait dengan kemampuan mengelola
pembelajaran di kelas?:
A. Kompetensi profesional.
B. Kompetensi sosial.
C. Kompetensi pedagogik.*
D. Kompetensi kepribadian.
E. Inovasi dan kreativitas pembelajaran.
21. Seorang guru
mencatat dan menggunakan informasi tentang karakteristik peserta didik untuk
membantu proses pembelajaran. Karakteristik peserta didik tersebut meliputi
berbagai aspek berikut:
A. Aspek fisik intelektual, sosial
emosional, moral, dan latar belakang sosial budaya.*
B. Aspek fisik intelektual, sosial
emosional, personal, dan latar belakang sosial budaya.
C. Aspek fisik intelektual, sosial
personal, moral, dan latar belakang sosial budaya.
D. Aspek fisik intelektual, sosial
emosional, moral, dan latar belakang suku agama.
E. Aspek fisik intelektual, kolegial,
moral, dan latar belakang sosial budaya.
22. Dalam memilih sumber belajar harus
memperhatikan kriteria sebagai berikut:
A. Ekonomis: tidak harus terpatok pada
harga yang mahal; Praktis: tidak memerlukan pengelolaan yang rumit, sulit dan
langka,
B. Mudah: dekat dan tersedia di sekitar
lingkungan kita,
C. Fleksibel: dapat dimanfaatkan untuk
berbagai kompetensi dasar,
D. Sesuai dengan kompetensi dasar:
mendukung proses dan pencapaian kompetensi dasar dan dapat membangkitkan
motivasi dan minat belajar siswa.
E. Semua jawaban benar*
23. Fungsi sumber belajar dalam proses
kegiatan belajar mengajar, antara lain:
A. Meningkatkan produktivitas
pembelajaran dengan jalan: (a) mempercepat laju belajar dan membantu guru untuk
menggunakan waktu secara lebih baik dan efisien dan (b) mengurangi beban guru
dalam menyajikan informasi sehingga waktu dapat lebih banyak digunakan untuk
mengaktifkan peserta didik dalam pembelajaran.*
B. Memberikan kemungkinan pembelajaran
yang sifatnya lebih individual, dengan cara: (a) mengurangi kontrol guru yang
kaku dan tradisional; dan (b) memberikan kesempatan bagi siswa untuk berkembang
sesuai dengan kemampuannnya.
C. Memberikan dasar yang lebih ilmiah
terhadap pembelajaran dengan cara: (a) perancangan program pembelajaran yang
lebih sistematis; dan (b) pengembangan bahan pengajaran yang dilandasi oleh
penelitian.
D. Memungkinkan penyajian pembelajaran
yang lebih luas, dengan menyajikan informasi yang mampu menembus batas
geografis.
E. Semua jawaban benar
24. Jika Anda melakukan kunjungan kelas dan
memperhatikan guru telah memastikan bahwa semua peserta didik mendapatkan
kesempatan yang sama untuk berpertisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran,
maka guru tersebut perlu diberi skor maksimal pada indikator........:
A. Memahami prinsip-prinsip pembelajaran
yang mendidik.*
B. Mengenali karakteristik peserta
didik.
C. Menguasi teori mendidik.
D. Memahami perkembangan remaja.
E. Pembelajaran yang mendidik.
25. Guru profesional antara lain mampu
memilih materi pembelajaran. Manakah yang tidak sesuai dengan materi
pembelajaran dimaksud?:
A. Materi pembelajaran sesuai dengan
tujuan pembelajaran.
B. Materi pembelajaran yang tepat dan
mutakhir.
C. Materi sesuai dengan usia dan tingkat
kemampuan belajar peserta didik.*
D. Materi tidak harus dapat dilaksanakan
di kelas.
E. Materi sesuai dengan konteks
kehidupan sehari-hari peserta didik.
26. Manakah kegiatan yang menggambarkan
kompetensi pedagogik seorang guru?:
A. Guru memiliki rasa persatuan dan
kesatuan bangsa Indonesia.
B. Guru mampu mengelola pembelajaran
yang membuktikan bahwa guru dihormati oleh peserta didik.*
C. Merancang rencana pembelajaran yang
sesuai dengan silabus untuk membahas materi ajar tertentu agar peserta didik
mencapai kompetensi dasar yang ditentukan.
D. Guru memanfaatkan waktu luang selain
mengajar untuk kegiatan yang produktif terkait dengan tugasnya.
E. Guru merasa bangga dengan profesinya
sebagai guru.
27. Mengapa guru wajib merancang rencana
pembelajaran?:
A. Agar peserta didik dapat mencapai
Kompetensi Dasar/KD yang ditentukan.*
B. Agar peserta didik dapat
berpartisipasi secara maksimal dalam proses pembelajaran.
C. Agar peserta didik tidak sampai
mengganggu peserta didik lain pada saat proses pembelajaran berlangsung.
D. Agar peserta didik termotivasi kemauan
belajarnya.
E. Agar peserta didik terfasilitasi
pengamalam belajarnya dengan baik.
28. Berikut adalah alasan paling tepat guru
perlu mengatur kelas pada saat pembelajaran berlangsung:
A. Dapat memberikan kesempatan belajar
yang sama pada semua peserta didik dengan kelainan fisik dan kemampuan belajar
yang berbeda.
B. Guru dapat memperhatikan potensi dan
kekurangan peserta didik.
C. Peserta didik mendapatkan kesempatan
yang sama untuk berpartisipasi dalam pembelajaran.**
D. Agar tidak membuka peluang peserta
didik merugikan peserta didik lainnya.
E. Mencegah adanya perilaku menyimpang
dari peserta didik selama proses pembelajaran.
29. Guru telah menetapkan berbagai
pendekatan, strategi, model, motode, dan teknik pembelajaran yang mendidik
secara kreatif, hal tersebut berkaitan dengan standar kompetensi berikut:
A. Sosial.
B. Pedagogik.**
C. Personal.
D. Profesional.
E. Kepribadian.
30. Peran guru dalam proses pembelajaran di
sekolah harus mengondisikan pembelajaran yang interaktif, inspiratif,
menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didikuntuk berpartisipasi aktif,
serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian
sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta
didik. Untuk itu setiap guru perlu memahami dan menggunakan prinsip
pembelajaran yakni:
A. Dari peserta didik diberi tahu menuju
peserta didik mencari tahu; Dari guru sebagai satu-satunya sumber belajar
menjadi belajar berbasis aneka sumber belajar; Dari pendekatan tekstual menuju
proses sebagai penguatan penggunaan pendekatan ilmiah; **
B. Dari pembelajaran berbasis konten
menuju pembelajaran berbasis kompetensi; Dari pembelajaran parsial menuju
pembelajaran terpadu;
C. Dari pembelajaran yang menekankan
jawaban tunggal menuju; pembelajaran dengan jawaban yang kebenarannya multi
dimensi;
D. Dari pembelajaran verbalisme menuju
keterampilan aplikatif; Peningkatan dan keseimbangan antara keterampilan
fisikal (hardskills) dan keterampilan mental (softskills);
E. Semua jawaban benar.
31. Elemen perubahan Kurikulum 2013 terutama
berkaitan dengan ....
A. Standar Kompetensi Lulusan, Standar
Proses, Standar Isi, dan Standar Pengelolaan.
B. Standar Kompetensi Lulusan, Standar
Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian.
C. Standar Kompetensi Lulusan, Standar
Proses, Standar Penilaian, dan Standar Pembiayaan.
D. Standar Kompetensi Lulusan, Standar
Proses, Standar Pengelolaan, dan Standar Penilaian.
E. Struktur kurikulum, beban belajar,
RPP, dan sistem penilaian**
32. Salah satu proses pembelajaran scientific
yang baik adalah:
A. Mendorong dan menginspirasi peserta
didik berpikir secara kritis, analistis, dan tepat dalam mengidentifikasi,
memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan substansi atau materi
pembelajaran.
B. Penjelasan guru,
cenderungmenggunakanpendekatantradisional.
C. Berbasis pada konsep,
tanpalandasanteori, dan fakta empiris yang dapat
dipertanggungjawabkan.
D. Tujuan pembelajaran dirumuskan secara
detail dan jelas, tanpamengindahkanpenyajiannya menarik.
E. Menerapkan langkah 5M (mengamati,
menanya, mengumpulkan data, menganalisis data, dan mengomunikasikan) pada
setiap pembelajaran.**
33. Model pembelajaran berbasis proyek
(Project Based Learning) merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat
digunakan oleh guru dengan menggunakan pendekatan saintifik (scientific
approach). Manakah yang tidak tepat berkaitan dengan pernyataan tersebut?:
A. Pendekatan pembelajaran dimana siswa
memperoleh pengetahuan berdasarkan cara kerja ilmiah. **
B. Melalui pendekatan ini siswa akan
diajak meniti jembatan emas sehingga ia tidak hanya mendapatkan ilmu
pengetahuan (knowledge) semata tetapi juga akan mendapatkan keterampilan dan
sikap-sikap yang dibutuhkan dalam kehidupannya kelak.
C. Saat belajar menggunakan model
pembelajaran berbasis proyek, siswa dapat berlatih menalar secara induktif
(inductive reasoning).
D. project based learning (model
pembelajaran berbasis proyek) merupakan salah satu model pembelajaran dalam
pendekatan saintifik
E. project based learning (model
pembelajaran berbasis proyek) merupakan salah satu model pembelajaran dalam
pendekatan saintifik yang berorientasi pada masalah.
34. Model pembelajaran ini peserta didik
difasilitasi melakukan pembelajaran aktif. Mereka benar-benar akan dibuat aktif
baik secara hands on (melalui kegiatan-kegiatan fisik), maupun secara minds on
(melalui kegiatan-kegiatan berpikir/secara mental). Karena itulah, ruh dari
pelaksanaaan model pembelajaran ini sesuai sekali dengan amanat Kurikulum 2013.
Model pembelajaran yang dimaksud adalah:
A. Inkuiri**
B. PBM (Problem Based Learning)
C. PBL (Project Based Learing)
D. Discovery learning
E. Cooperative learning
35. Model pembelajaran yang menyajikan
masalah kontekstual dimana peserta didik bekerja dalam tim untuk memecahkan
masalah dunia nyata (real world) sehingga merangsang peserta didik untuk
belajar, merupakan ciri khas model pembelajaran berikut:
A. Inkuiri
B. PBM (Problem Based Learning)
C. PBL (Project Based Learing)**
D. Discovery learning
E. Cooperative learning
36. Model-model pembelajaran selalu memiliki
kelebihan dan kekurangan sehingga guru dapat mempertimbangkannya bilamana akan
menerapkan model pembelajaran tersebut. Berikut adalah kelebihan dari salah
satu model pembelajaran:
“Dengam model
pembelajaran ini belajar dapat semakin bermakna dan dapat diperluas ketika
peserta didik berhadapan dengan situasi
di mana konsep diterapkan, peserta didik mengintegrasikan pengetahuan dan
keterampilan secara simultan dan mengaplikasikannya dalam konteks yang relevan,
oleh karenanya melalui pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir
kritis, menumbuhkan inisiatif peserta didik dalam bekerja, motivasi internal
untuk belajar, dan dapat mengembangkan hubungan interpersonal dalam bekerja
kelompok”.
Model pembelajaran
manakah yang memiliki kelebihan seperti pada informasi di atas?:
A. Inkuiri.
B. PBM (Problem Based Learning).**
C. PBL (Project Based Learing).
D. Discovery learning.
E. Cooperative learning.
37. Sebelum memulai proses belajar-mengajar
di dalam kelas, peserta didik terlebih dahulu diminta untuk mengobservasi suatu
fenomena terlebih dahulu. Kemudian peserta didik diminta mencatat
masalah-masalah yang muncul. Setelah itu guru merangsang peserta didik untuk
berpikir kritis dalam memecahkan masalah yang ada. Guru mengarahkan peserta
didik untuk bertanya, membuktikan asumsi, dan mendengarkan pendapat yang
berbeda dari mereka. Memanfaatkan lingkungan peserta didik untuk memperoleh
pengalaman belajar. Guru memberikan penugasan yang dapat dilakukan di berbagai
konteks lingkungan peserta didik, antara lain di sekolah, keluarga dan
masyarakat. Pembelajaran demikian merupakan salah satu contoh implementasi
model pembelajaran berikut:
A. Inkuiri
B. PBM (Problem Based Learning)**
C. PBL (Project Based Learing)
D. Discovery learning
E. Cooperative learning
38. Model pembelajaran ini mengacu kepada
teori belajar yang didefinisikan sebagai proses pembelajaran yang terjadi bila
peserta didik tidak disajikan dengan pelajaran dalam bentuk finalnya, tetapi
diharapkan peserta didik mengorganisasi sendiri. Sebagai model pembelajaran, pembelajaran ini
lebih menekankan pada ditemukannya konsep atau prinsip yang sebelumnya tidak
diketahui. Pembelajaran demikian merupakan ciri dari model pembelajaran
berikut:
A. Inkuiri
B. PBM (Problem Based Learning)
C. PBL (Project Based Learing)
D. Discovery learning**
E. Cooperative learning
39. Ranah kompetensi untuk dimensi sikap pada
proses pembelajaran diperoleh melalui aktivitas berikut:
A. Menerima, menjalankan, menghargai,
menghayati, dan mencipta.
B. Menerima, menjalankan, menghargai,
menghayati, dan menalar.
C. Menerima, menjalankan, menghargai,
menghayati, dan mengevaluasi.
D. Menerima, menghayati, menghargai,
menjiwai, menjalankan.
E. Menerima, menjalankan, menghargai,
menghayati, dan mengamalkan.**
40. Penilaian kompetensi sikap dilakukan
melalui kegiatan berikut:
A. Observasi, penilaian diri, penilaian
sejawat, dan jurnal.**
B. Observasi, penilaian diri, jurnal,
dan portofolio.
C. Observasi, penilaian sejawat, jurnal,
dan portofolio.
D. Observasi, penilaian diri, penilaian
sejawat, dan projek.
E. Observasi, penilaian diri, penilaian
antar teman, dan projek.
41. Ranah kompetensi untuk dimensi
pengetahuan pada proses pembelajaran diperoleh melalui aktivitas berikut:
A. Mengingat, memahami, menerapkan,
mensintesis, menganalisis, mencipta.
B. Mengingat, memahami, menerapkan,
menganalisis, mengevaluasi, mencipta.
C. Mengingat, memahami, menerapkan,
menalar, menganalisis, mengevaluasi.**
D. Mengingat, memahami, menganalisis,
mensintesis, mengevaluasi, mencipta.
E. Mengamati, menanya, mengumpulkan data,
mengasosiasi, dan mengomunikasikan.
42. Penilaian kompetensi pengetahuan
dilakukan melalui aktivitas berikut:
A. Penugasan, projek, dan portofolio
B. Penugasan, portofolio, dan tes
tulis
C. Tes tulis, tes lisan, dan penugasan
D. Tes tulis, penugasan, dan projek**
E. Tes tulis, tes lisan, dan jurnal
43. Ranah kompetensi untuk keterampilan pada
proses pembelajaran diperoleh melalui aktivitas berikut:
A. Mengamati, menanya, memahami, mencoba,
menalar, dan menyaji
B. Mengamati, menanya, mencoba, melakukan,
menyaji, dan mencipta.
C. Mengamati, memahami, menanya, mencoba,
menalar, menyimpulkan.
D. Mengamati, menanya, memahami, menalar,
menyaji, dan mencipta.
E. Mengamati, menanya, mencoba, menalar,
menyaji dan mencipta.**
44. Penilaian kompetensi keterampilan
dilakukan melalui aktivitas berikut:
A. Tes praktik, tes tulis, projek, dan
portofolio
B. Tes lisan, tes tulis, praktik, dan
portofolio
C. Tes lisan, tes tulis, projek, dan
portofolio
D. Tes lisan, tes tulis, tes praktik, dan
projek
E. Portofolio, projek, penugasan, dan tes
praktek**
45. Rumusan masalah dalam PTK berikut, yang
mana paling tepat disebut sebagai rumusan masalah PTK?
A. apakah pengaruh permainan peran dapat
meningkatkan keaktifan siswa kelas XISMKN Malang**
B. bagaimana cara meningkatkan kemampuan
siswa dalam mengajukan pertanyaan melalui metode tanya jawab dalam pelajaran
Bahasa Indonesia di Kelas XII SMKN 10 Malang
C. mengapa siswa SMK Negeri 1 Arcapadha
selalu menjadi juara dalam berbagai perlombaan nasional
D. bagaimana cara menggunakan alat peraga
yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah
E. bagaimana cara memanfaatkan alat
peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah
46. Kompetensi guru yang menunjukkan
kemampuan memahami konsep pembelajaran dan lingkungan pembelajaran adalah
...............
A. kompetensi kepribadian
B. kompetensi profesional
C. kompetensi sosial
D. kompetensi pedagogik**
E. kompetensi pengetahuan
47. Penelitihan Tindakan Kelas (PTK)
merupakan proses spiral yang terdiri dari empat langkah kegiatan, yaitu .......
A. perencanaan, tindakan, pengamatan,
refleksi
B. perencanaan, penerapan, evaluasi,
refleksi**
C. perencanaan, tindakan, refleksi, evluasi
D. evaluasi, perencanaan, tindakan,
refleksi
E. refleksi perencanaan, penerapan, evaluasi
48. Tujuan penelitian Tindakan Kelas adalah
untuk ......
A. mengungkapkan kebenaran
B. menjawab masalah guru
C. memperbaiki kinerja guru**
D. mengumpulkan informasi
E. meningkatkan mutu sekolah
49. Dalam Penelitian tindakan kelas, masalah
yang diteliti berasal dari ......
A. kerisauan guru akan kinerjanya di kelas
yang diajar**
B. keriasauan pendidik akan mutu pendidikan
C. keinginan untuk membantu guru
D. kepedulian peneliti akan kinerja guru
E. memperbaiki kinerja guru
50. Syarat karya tulis ilmiah yang baik
menurut Buku V Pedoman Penilaian Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)
adalah ……
A. Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten
B. Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten, Sistemik
C. Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten, Sistemik
dan Holistik
D. Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten, Holistik
E. Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten,
Sistemik, Holistik dan Realsitk**
Bismillah...
Open Donasi Untuk Kegiatan TPA di Dusun KamiAlamat : Piyaman Wonosari Gunungkidul
Maps : Klik
Info Lebih Lanjut Klik Link
Matur nuwun
No comments:
Post a Comment