Pages

Thursday, 3 December 2015

SOAL UKG

Uji Kompetensi Guru disingkat UKG adalah sebuah kegiatan Ujian untuk mengukur kompetensi dasar tentang bidang studi (subject matter) dan pedagogik dalam domain content Guru. Kompetensi dasar bidang studi yang diujikan sesuai dengan bidang studi sertifikasi (bagi guru yang sudah bersertifikat pendidik) dan sesuai dengan kualifikasi akademik guru (bagi guru yang belum bersertifikat pendidik). Kompetensi pedagogik yang diujikan adalah integrasi konsep pedagogik ke dalam proses pembelajaran bidang studi tersebut dalam kelas
https://id.wikipedia.org/wiki/Uji_kompetensi_guru


nah, berikut kami memiliki contoh soal UKG
Semoga bermanfaat dan berguna

UJI COBA UKG MATERI PAEDAGOGIS

1.      Howard Gardner berpendapat bahwa pada diri peserta didik memiliki kecerdasan yang beraneka ragam yang dikenal dengan “multiple intelligence”. Berikut ini yang tidaktermasuk jenis multiple intelligence ialah:
A.        kecerdasan musikal dan logical matematika
B.         kecerdasan linguistik dan kinestik
C.         kecerdasan intrapersonal dan spatial
D.        kecerdasan spiritual dan emosional*
E.         kecerdasan interpersonal

2.      Unesco PBB menetapkan 4 pilar pendidikan, yaitu: Learning to know, learning to do, learning to live together dan .............................
A.        learning to be*
B.         learning to learn
C.         learning to experience
D.        learning to understand
E.         learning university

3.      Penerapan aturan kedisiplinan di sekolah yang berkait dengan pemberian reward  dan punishment merupakan merupakan perwujudan dari teori pendidikan …….
A.        konstruktivistik
B.         behavioristik*
C.         kognitivistik
D.        konektivistik
E.         realistic

4.      Dalam pembelajaran yang berbasis konstruktivistik, guru lebih banyak berperan   sebagai......
A.        stimulan*
B.         fasilitator, kolaborator, inspirator
C.         pelatih
D.        panutan
E.         Instruktur

5.      Sekolah berkewajiban untuk mengembangkan life skills siswa. Tujuannya adalah  agar siswa .......
A.        mampu hidup bahagia
B.         memiliki ketrampilan vokasional*
C.         memiliki keunggulan akademik
D.        mampu mengerjakan setiap butir soal dalam ujian
E.         mampu mandiri

6.      Guru sebagai pendidik profesional  mempunyai  tugas utama……….
A.          membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
B.           mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasipeserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
C.           mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan  mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.*
D.          mendidik, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasipeserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
E.           mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, peserta didik   pada pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

7.      “Ing ngarso sung tulodo,Ing madyo mangun karso,Tut wuri handayani” (Ki hajar Dewantoro). Manakah pernyataan dibawah ini yang mencerminkan bukan sikap guru dalam  prinsip kepemimpinan pembelajaran tersebut, yaitu...........
A.          guru harus bisa menjadi contoh yang baik bagi anak didiknya
B.           guru menjadi sahabat belajar siswa
C.           guru menjadi fasilitator dan inovator dalam proses pembelajaran
D.          guru menjadi satu-satunya sumber belajar*
E.           guru memberikan penghargaan kepada siswa

8.      Seorang guru perlu bersikap inklusif dan objektif terhadap peserta didik, teman sejawat, dan lingkungan sekitar dalam melaksanakan pembelajaran. Contoh berikut yang sesuai dengan pernyataan di atas adalah ...
A.          Dia adalah seorang guru yang bangga dan menjunjung tinggi pekerjaannya, dalam melakukan penilaian sesuai kemampuan peserta didik .*
B.           Dia adalah seorang guru yang senantiasa berkomunikasi dengan orang tua peserta didik terutama kalau ada permasalahan dari putera atau puterinya.
C.           Sebagai seorang guru, dia selalu menyayangi  dan memperhatikan perkembangan   peserta didiknya.
D.          Ketika seorang guru memarahi peserta didik, ada guru lain tidak terima dan menasehati agar tidak mengulangi.
E.           Seorang guru selalu melaksanakan apa yang diusulkan oleh orang tua peserta didiknya agar tercipta keharmonisan.

9.      Kepribadian guru dengan menampilkan tindakan yang sesuai dengan norma religius  (iman dan takwa, jujur, ikhlas, suka menolong), dan memiliki perilaku yang diteladani peserta didik, maka guru tersebut … .
A.          memiliki kepribadian yang dewasa
B.           memiliki kepribadian yang mantap dan stabil,
C.           memiliki kepribadian yang arif
D.          memiliki kepribadian yang berwibawa
E.           memiliki akhlak mulia dan menjadi teladan*

10.  Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh seorang guru supaya menjadi teladan bagi peserta didik adalah sebagai berikut, kecuali ….
A.          Guru harus memiliki sikap dan kepribadian utuh yang dapat dijadikan tokoh panutan idola dalam seluruh segi kehidupannya
B.           Guru harus berusaha memilih dan melakukan perbuatan yang positif agar dapat mengangkat citra baik dan kewibawaannya
C.           Guru harus mengimplementasikan nilai-nilai tinggi terutama yang diambilkan dari ajaran agama
D.          Guru harus mempunyai sifat terpuji yang dapat  diikuti oleh peserta didik
E.           Guru harus dapat  mempengaruhi peserta didik agar meniru tingkah      lakunya*

11.  Learning dalam behaviorisme menekankan adanya….
A. Perubahan pengetahuan
B. Interaksi terus menerus
C. Perubahan perilaku*
D. Pemaknaan informasi baru
E. Pembelajaran bermakna

12.  Pelaksanaan penilaian kinerja guru dimaksudkan bukan untuk menyulitkan guru, tetapi sebaliknya penilaian kinerja guru dilaksanakan untuk mewujudkan guru yang .................
A.          Profesional, bermartabat dan sejahtera karena harkat dan martabat suatu profesi ditentukan oleh kualitas layanan profesi yang bermutu*
B.           Mau menerima tunjangan profesi pendidik dan mau mengembangkan kompetensinya
C.           Mau dan mampu mengembangkan kompetensinya serta selalu mengharap-harap turunnya TPP.
D.          Mau dan mampu meningkatkan layanan profesi pendidik yang bermutu.
E.           Mau menerima tunjangan profesi pendidik (TPP) tetapi tidak mau dimasukkan surga.

13.  Pedoman Pelaksanaan  Penilaian Kinerja  Guru ini disusun untuk memperluas pemahaman semua pihak terkait tentang prinsip, proses, dan prosedur pelaksanaan  penilaian kinerja  guru, sebagai suatu sistem penilaian kinerja yang ………..
A.          Berbasis kompetensi (competence-based)*
B.           berbasis bukti (evidence-based appraisal).
C.           Berbasis manajemen sekolah (school-based management)
D.          Berbasis proses (process-based)
E.           Berbasis hasil (product-based)

14.  Penilaian kinerja  guru adalah penilaian  yang dilakukan terhadap …………
A.          setiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya.
B.           setiap butir kompetensi guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya.
C.           setiap butir kompetensi pedagogik dan professional guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya.
D.          setiap butir kompetensi kepribadian, pedagogic, social dan professional guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya.*
E.           setiap butir kompetensi guru dan tambahan guru dalam rangka

15.  Guru sebagai pendidik profesional  mempunyai  tugas utama……….
A.          membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah
B.           mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah
C.           mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah*
D.          mendidik, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah
E.           mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah

16.  Ekspresi positif seorang guru diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai berikut, kecuali....
A.          Menyayangi peserta didik dalam kebaikan
B.           Memberikan keteladanan dalam beribadah
C.           Berdoa setiap mengawali belajar dan berdisiplin
D.          Memberikan senyum, salam, sapa dan santun*
E.           Marah-marah dan berlaku kasar terhadap orang lain

17.  Ciri-ciri pribadi yang memiliki kecerdasan sosial adalah ......
A.          Adanya hubungan yang kuat dengan Tuhan, memberi manfaat kepada lingkungan, dan menghasilkan karya untuk membangun orang lain*
B.           Bertanggungjawab, berdedikasi dan berwibawa
C.           Berperilaku baik, bertanggungjawab dan disiplin
D.          Profesional, pengalaman dan menggembangkan diri
E.           Berjiwa sosial, profesional dalam bekerja dan jujur

18.  Cara  guru untuk  melakukan komunikasi untuk menunjukkan hasil-hasil inovasi pembelajaran kepada komunitas profesi dilakukan  adalah .......
A.          Lisan, tulisan dan bentuk lain
B.           Paparan
C.           Media pembelajaran*
D.          Bahan pembelajaran
E.           Metode pembelajaran


19.  Manakah indikator kompetensi pedagogik berikut paling tepat?:
A.          Mengenali peserta didik, menguasai teori belajar, memahami prinsip-prinsip pembelajaran, mengembangkan kurikulum, melakukan kegiatan yang mendidik, memahami dan mengembangkan potensi peserta didik, guru memberikan penghargaan terhadap berbagai agama dan keyakinan yang dianut, melakukan penilaian dan evaluasi.
B.           Mengenali peserta didik, menguasai teori belajar, memahami prinsip-prinsip pembelajaran, mengembangkan kerjasama dengan teman sejawat, melakukan kegiatan yang mendidik, memahami dan mengembangkan potensi peserta didik, komunikasi dengan peserta didik, melakukan penilaian dan evaluasi.
C.           Mengenali peserta didik, menguasai teori belajar, memahami prinsip-prinsip pembelajaran, mengembangkan kurikulum, melakukan kegiatan yang mendidik, memahami dan mengembangkan potensi peserta didik, komunikasi dengan peserta didik, melakukan penilaian dan evaluasi.
D.          Mengenali peserta didik, menguasai teori belajar, memahami prinsip-prinsip pembelajaran, mengembangkan kurikulum, melakukan kegiatan yang mendidik, memahami dan mengembangkan potensi peserta didik, komunikasi dengan sopan dan santun, melakukan penilaian dan evaluasi.
E.           Mengenali peserta didik, menguasai teori belajar, memahami prinsip-prinsip pembelajaran, mengembangkan kurikulum, melakukan kegiatan yang mendidik, memahami dan mengembangkan potensi peserta didik, mengawali dan mengakhiri pembelajaran tepat waktu, melakukan penilaian dan evaluasi.*

20.  Kompetensi guru yang digunakan sebagai dasar PK Guru adalah tugas guru yang terkait dengan tugas pembelajaran, pembimbingan, atau tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah. Manakah dasar PK Guru yang terkait dengan kemampuan mengelola pembelajaran di kelas?:
A.          Kompetensi profesional.
B.           Kompetensi sosial.
C.           Kompetensi pedagogik.*
D.          Kompetensi kepribadian.
E.           Inovasi dan kreativitas pembelajaran.

21.  Seorang guru mencatat dan menggunakan informasi tentang karakteristik peserta didik untuk membantu proses pembelajaran. Karakteristik peserta didik tersebut meliputi berbagai aspek berikut:
A.          Aspek fisik intelektual, sosial emosional, moral, dan latar belakang sosial budaya.*
B.           Aspek fisik intelektual, sosial emosional, personal, dan latar belakang sosial budaya.
C.           Aspek fisik intelektual, sosial personal, moral, dan latar belakang sosial budaya.
D.          Aspek fisik intelektual, sosial emosional, moral, dan latar belakang suku agama.
E.           Aspek fisik intelektual, kolegial, moral, dan latar belakang sosial budaya.

22.       Dalam memilih sumber belajar harus memperhatikan kriteria sebagai berikut:
A.          Ekonomis: tidak harus terpatok pada harga yang mahal; Praktis: tidak memerlukan pengelolaan yang rumit, sulit dan langka,
B.           Mudah: dekat dan tersedia di sekitar lingkungan kita,
C.           Fleksibel: dapat dimanfaatkan untuk berbagai kompetensi dasar,
D.          Sesuai dengan kompetensi dasar: mendukung proses dan pencapaian kompetensi dasar dan dapat membangkitkan motivasi dan minat belajar siswa.
E.           Semua jawaban benar*

23.       Fungsi sumber belajar dalam proses kegiatan belajar mengajar, antara lain:
A.          Meningkatkan produktivitas pembelajaran dengan jalan: (a) mempercepat laju belajar dan membantu guru untuk menggunakan waktu secara lebih baik dan efisien dan (b) mengurangi beban guru dalam menyajikan informasi sehingga waktu dapat lebih banyak digunakan untuk mengaktifkan peserta didik dalam pembelajaran.*
B.           Memberikan kemungkinan pembelajaran yang sifatnya lebih individual, dengan cara: (a) mengurangi kontrol guru yang kaku dan tradisional; dan (b) memberikan kesempatan bagi siswa untuk berkembang sesuai dengan kemampuannnya.
C.           Memberikan dasar yang lebih ilmiah terhadap pembelajaran dengan cara: (a) perancangan program pembelajaran yang lebih sistematis; dan (b) pengembangan bahan pengajaran yang dilandasi oleh penelitian.
D.          Memungkinkan penyajian pembelajaran yang lebih luas, dengan menyajikan informasi yang mampu menembus batas geografis.
E.           Semua jawaban benar

24.       Jika Anda melakukan kunjungan kelas dan memperhatikan guru telah memastikan bahwa semua peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpertisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran, maka guru tersebut perlu diberi skor maksimal pada indikator........:
A.          Memahami prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.*
B.           Mengenali karakteristik peserta didik.
C.           Menguasi teori mendidik.
D.          Memahami perkembangan remaja.
E.           Pembelajaran yang mendidik.

25.       Guru profesional antara lain mampu memilih materi pembelajaran. Manakah yang tidak sesuai dengan materi pembelajaran dimaksud?:
A.          Materi pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran.
B.           Materi pembelajaran yang tepat dan mutakhir.
C.           Materi sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik.*
D.          Materi tidak harus dapat dilaksanakan di kelas.
E.           Materi sesuai dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta didik.

26.       Manakah kegiatan yang menggambarkan kompetensi pedagogik seorang guru?:
A.          Guru memiliki rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
B.           Guru mampu mengelola pembelajaran yang membuktikan bahwa guru dihormati oleh peserta didik.*
C.           Merancang rencana pembelajaran yang sesuai dengan silabus untuk membahas materi ajar tertentu agar peserta didik mencapai kompetensi dasar yang ditentukan.
D.          Guru memanfaatkan waktu luang selain mengajar untuk kegiatan yang produktif terkait dengan tugasnya.
E.           Guru merasa bangga dengan profesinya sebagai guru.

27.       Mengapa guru wajib merancang rencana pembelajaran?:
A.          Agar peserta didik dapat mencapai Kompetensi Dasar/KD yang ditentukan.*
B.           Agar peserta didik dapat berpartisipasi secara maksimal dalam proses pembelajaran.
C.           Agar peserta didik tidak sampai mengganggu peserta didik lain pada saat proses pembelajaran berlangsung.
D.          Agar peserta didik termotivasi kemauan belajarnya.
E.           Agar peserta didik terfasilitasi pengamalam belajarnya dengan baik.

28.       Berikut adalah alasan paling tepat guru perlu mengatur kelas pada saat pembelajaran berlangsung:
A.          Dapat memberikan kesempatan belajar yang sama pada semua peserta didik dengan kelainan fisik dan kemampuan belajar yang berbeda.
B.           Guru dapat memperhatikan potensi dan kekurangan peserta didik.
C.           Peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam pembelajaran.**
D.          Agar tidak membuka peluang peserta didik merugikan peserta didik lainnya.
E.           Mencegah adanya perilaku menyimpang dari peserta didik selama proses pembelajaran.

29.       Guru telah menetapkan berbagai pendekatan, strategi, model, motode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif, hal tersebut berkaitan dengan standar kompetensi berikut:
A.          Sosial.
B.           Pedagogik.**
C.           Personal.
D.          Profesional.
E.           Kepribadian.

30.       Peran guru dalam proses pembelajaran di sekolah harus mengondisikan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didikuntuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Untuk itu setiap guru perlu memahami dan menggunakan prinsip pembelajaran yakni:

A.          Dari peserta didik diberi tahu menuju peserta didik mencari tahu; Dari guru sebagai satu-satunya sumber belajar menjadi belajar berbasis aneka sumber belajar; Dari pendekatan tekstual menuju proses sebagai penguatan penggunaan pendekatan ilmiah; **
B.           Dari pembelajaran berbasis konten menuju pembelajaran berbasis kompetensi; Dari pembelajaran parsial menuju pembelajaran terpadu;
C.           Dari pembelajaran yang menekankan jawaban tunggal menuju; pembelajaran dengan jawaban yang kebenarannya multi dimensi;
D.          Dari pembelajaran verbalisme menuju keterampilan aplikatif; Peningkatan dan keseimbangan antara keterampilan fisikal (hardskills) dan keterampilan mental (softskills);
E.           Semua jawaban benar.


31.       Elemen perubahan Kurikulum 2013 terutama berkaitan dengan ....
A.          Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses, Standar Isi, dan Standar Pengelolaan.
B.           Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian.
C.           Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses, Standar Penilaian, dan Standar Pembiayaan.
D.          Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses, Standar Pengelolaan, dan Standar Penilaian.
E.           Struktur kurikulum, beban belajar, RPP, dan sistem penilaian**

32.       Salah satu proses pembelajaran scientific yang baik adalah:
A.          Mendorong dan menginspirasi peserta didik berpikir secara kritis, analistis, dan tepat dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan substansi atau materi pembelajaran.
B.           Penjelasan guru, cenderungmenggunakanpendekatantradisional.
C.           Berbasis pada konsep, tanpalandasanteori, dan fakta empiris yang dapat
dipertanggungjawabkan.
D.          Tujuan pembelajaran dirumuskan secara detail dan jelas, tanpamengindahkanpenyajiannya menarik.
E.           Menerapkan langkah 5M (mengamati, menanya, mengumpulkan data, menganalisis data, dan mengomunikasikan) pada setiap pembelajaran.**

33.       Model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dengan menggunakan pendekatan saintifik (scientific approach). Manakah yang tidak tepat berkaitan dengan pernyataan tersebut?:
A.          Pendekatan pembelajaran dimana siswa memperoleh pengetahuan berdasarkan cara kerja ilmiah. **
B.           Melalui pendekatan ini siswa akan diajak meniti jembatan emas sehingga ia tidak hanya mendapatkan ilmu pengetahuan (knowledge) semata tetapi juga akan mendapatkan keterampilan dan sikap-sikap yang dibutuhkan dalam kehidupannya kelak.
C.           Saat belajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek, siswa dapat berlatih menalar secara induktif (inductive reasoning).
D.          project based learning (model pembelajaran berbasis proyek) merupakan salah satu model pembelajaran dalam pendekatan saintifik
E.           project based learning (model pembelajaran berbasis proyek) merupakan salah satu model pembelajaran dalam pendekatan saintifik yang berorientasi pada masalah.


34.       Model pembelajaran ini peserta didik difasilitasi melakukan pembelajaran aktif. Mereka benar-benar akan dibuat aktif baik secara hands on (melalui kegiatan-kegiatan fisik), maupun secara minds on (melalui kegiatan-kegiatan berpikir/secara mental). Karena itulah, ruh dari pelaksanaaan model pembelajaran ini sesuai sekali dengan amanat Kurikulum 2013. Model pembelajaran yang dimaksud adalah:
A.          Inkuiri**
B.           PBM (Problem Based Learning)
C.           PBL (Project Based Learing)
D.          Discovery learning
E.           Cooperative learning

35.       Model pembelajaran yang menyajikan masalah kontekstual dimana peserta didik bekerja dalam tim untuk memecahkan masalah dunia nyata (real world) sehingga merangsang peserta didik untuk belajar, merupakan ciri khas model pembelajaran berikut:
A.          Inkuiri
B.           PBM (Problem Based Learning)
C.           PBL (Project Based Learing)**
D.          Discovery learning
E.           Cooperative learning

36.       Model-model pembelajaran selalu memiliki kelebihan dan kekurangan sehingga guru dapat mempertimbangkannya bilamana akan menerapkan model pembelajaran tersebut. Berikut adalah kelebihan dari salah satu model pembelajaran:
“Dengam model pembelajaran ini belajar dapat semakin bermakna dan dapat diperluas ketika peserta didik  berhadapan dengan situasi di mana konsep diterapkan, peserta didik mengintegrasikan pengetahuan dan keterampilan secara simultan dan mengaplikasikannya dalam konteks yang relevan, oleh karenanya melalui pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, menumbuhkan inisiatif peserta didik dalam bekerja, motivasi internal untuk belajar, dan dapat mengembangkan hubungan interpersonal dalam bekerja kelompok”.
Model pembelajaran manakah yang memiliki kelebihan seperti pada informasi di atas?:
A.          Inkuiri.
B.           PBM (Problem Based Learning).**
C.           PBL (Project Based Learing).
D.          Discovery learning.
E.           Cooperative learning.

37.       Sebelum memulai proses belajar-mengajar di dalam kelas, peserta didik terlebih dahulu diminta untuk mengobservasi suatu fenomena terlebih dahulu. Kemudian peserta didik diminta mencatat masalah-masalah yang muncul. Setelah itu guru merangsang peserta didik untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah yang ada. Guru mengarahkan peserta didik untuk bertanya, membuktikan asumsi, dan mendengarkan pendapat yang berbeda dari mereka. Memanfaatkan lingkungan peserta didik untuk memperoleh pengalaman belajar. Guru memberikan penugasan yang dapat dilakukan di berbagai konteks lingkungan peserta didik, antara lain di sekolah, keluarga dan masyarakat. Pembelajaran demikian merupakan salah satu contoh implementasi model pembelajaran berikut:
A.          Inkuiri
B.           PBM (Problem Based Learning)**
C.           PBL (Project Based Learing)
D.          Discovery learning
E.           Cooperative learning

38.       Model pembelajaran ini mengacu kepada teori belajar yang didefinisikan sebagai proses pembelajaran yang terjadi bila peserta didik tidak disajikan dengan pelajaran dalam bentuk finalnya, tetapi diharapkan peserta didik mengorganisasi sendiri.  Sebagai model pembelajaran, pembelajaran ini lebih menekankan pada ditemukannya konsep atau prinsip yang sebelumnya tidak diketahui. Pembelajaran demikian merupakan ciri dari model pembelajaran berikut:
A.          Inkuiri
B.           PBM (Problem Based Learning)
C.           PBL (Project Based Learing)
D.          Discovery learning**
E.           Cooperative learning

39.       Ranah kompetensi untuk dimensi sikap pada proses pembelajaran diperoleh melalui aktivitas berikut:
A.          Menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mencipta.
B.           Menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan menalar.
C.           Menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengevaluasi.
D.          Menerima, menghayati, menghargai, menjiwai, menjalankan.
E.           Menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan.**

40.       Penilaian kompetensi sikap dilakukan melalui kegiatan berikut:
A.          Observasi, penilaian diri, penilaian sejawat, dan jurnal.**
B.           Observasi, penilaian diri, jurnal, dan portofolio.
C.           Observasi, penilaian sejawat, jurnal, dan portofolio.
D.          Observasi, penilaian diri, penilaian sejawat, dan projek.
E.           Observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, dan projek.
41.       Ranah kompetensi untuk dimensi pengetahuan pada proses pembelajaran diperoleh melalui aktivitas berikut:
A.        Mengingat, memahami, menerapkan, mensintesis, menganalisis, mencipta.
B.        Mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, mencipta.
C.        Mengingat, memahami, menerapkan, menalar, menganalisis, mengevaluasi.**
D.        Mengingat, memahami, menganalisis, mensintesis, mengevaluasi, mencipta.
E.         Mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, dan mengomunikasikan.

42.       Penilaian kompetensi pengetahuan dilakukan melalui aktivitas berikut:
A.        Penugasan, projek, dan portofolio
B.        Penugasan, portofolio, dan tes tulis 
C.        Tes tulis, tes lisan, dan penugasan
D.        Tes tulis, penugasan, dan projek**
E.         Tes tulis, tes lisan, dan jurnal

43.       Ranah kompetensi untuk keterampilan pada proses pembelajaran diperoleh melalui aktivitas berikut:
A.        Mengamati, menanya, memahami, mencoba, menalar, dan menyaji
B.        Mengamati, menanya, mencoba, melakukan, menyaji, dan mencipta.
C.        Mengamati, memahami, menanya, mencoba, menalar, menyimpulkan.
D.        Mengamati, menanya, memahami, menalar, menyaji, dan mencipta.
E.         Mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji dan mencipta.**

44.       Penilaian kompetensi keterampilan dilakukan melalui aktivitas berikut:
A.        Tes praktik, tes tulis, projek, dan portofolio
B.        Tes lisan, tes tulis, praktik, dan portofolio
C.        Tes lisan, tes tulis, projek, dan portofolio
D.        Tes lisan, tes tulis, tes praktik, dan projek
E.         Portofolio, projek, penugasan, dan tes praktek**

45.       Rumusan masalah dalam PTK berikut, yang mana paling tepat disebut sebagai rumusan masalah PTK?
A.          apakah pengaruh permainan peran dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XISMKN Malang**
B.           bagaimana cara meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan melalui metode tanya jawab dalam pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XII SMKN 10 Malang
C.           mengapa siswa SMK Negeri 1 Arcapadha selalu menjadi juara dalam berbagai perlombaan nasional
D.          bagaimana cara menggunakan alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah
E.           bagaimana cara memanfaatkan alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah

46.       Kompetensi guru yang menunjukkan kemampuan memahami konsep pembelajaran dan lingkungan pembelajaran adalah ...............
A.        kompetensi kepribadian
B.        kompetensi profesional
C.        kompetensi sosial
D.        kompetensi pedagogik**
E.         kompetensi pengetahuan

47.       Penelitihan Tindakan Kelas (PTK) merupakan proses spiral yang terdiri dari empat langkah kegiatan, yaitu .......
A.        perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi
B.        perencanaan, penerapan, evaluasi, refleksi**
C.        perencanaan, tindakan, refleksi, evluasi
D.        evaluasi, perencanaan, tindakan, refleksi
E.         refleksi  perencanaan, penerapan, evaluasi

48.       Tujuan penelitian Tindakan Kelas adalah untuk ......
A.        mengungkapkan kebenaran
B.        menjawab masalah guru
C.        memperbaiki kinerja guru**
D.        mengumpulkan informasi
E.         meningkatkan mutu sekolah

49.       Dalam Penelitian tindakan kelas, masalah yang diteliti berasal dari ......
A.        kerisauan guru akan kinerjanya di kelas yang diajar**
B.        keriasauan pendidik akan mutu pendidikan
C.        keinginan untuk membantu guru
D.        kepedulian peneliti akan kinerja guru
E.         memperbaiki kinerja guru

50.       Syarat karya tulis ilmiah yang baik menurut Buku V Pedoman Penilaian Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) adalah ……
A.        Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten
B.        Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten, Sistemik
C.        Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten, Sistemik dan Holistik
D.        Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten, Holistik
E.         Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten, Sistemik, Holistik  dan Realsitk**
 



Bismillah...
Open Donasi Untuk Kegiatan TPA di Dusun Kami

http://etnikxv.blogspot.co.id/2014/12/donasi.html
Alamat : Piyaman Wonosari Gunungkidul
Maps   : Klik
Info Lebih Lanjut Klik Link
Matur nuwun

No comments:

Post a Comment