Subscribe:

Ads 468x60px

Monday 3 February 2014

Jalan – jalan Kabupaten Gunungkidul

Anda baru memasuki masa Liburan ? Anda bingung mau kemana ? datang saja ke Kabupaten terluas di DIY ini yaitu Kabupaten Gunungkidul. Kabupaten Gunungkidul merupakan Kabupaten yang memiliki luas sepertiga luas DIY. Kabupaten Gunungkidul terletak di sebelah timur kota Yogyakarta. Pusat kota dari Kabupaten ini adalah kota Wonosari. Untuk menuju kota Wonosari dari kota Yogyakarta sangat mudah aksesnya. Kita bisa melewati jalur jalan raya Jogja – Wonosari. Kita tinggal menuju ke ring-road timur. Missal kita dari Ambarukmo plaza kita bisa kearah timur menuju jembatan laying kemudian ke selatan (njanti) dan lurus. Setelah sampai ke lampu merah ke dua, kita belok ke kiri, setelah kita belok kekiri kita memasuki jalur jalan raya jogja-wonosari.kita tinggal lurus saja maka nanti sampai di kota Wonosari. Tetapi anda jangan lupa untuk menyempatkan mampir di bukit bintang.
Bukit bintang dimalam hari
Bukit Bintang adalah suatu tempat di pinggir gunung (tepatnya di pinggir jalan raya saat kita menaiki gunung) disana kita bisa melihat pemandangan yang sangat indah yaitu kota jogja, gunung Merapi, daerah bantul, dan jika cuaca cerah kita juga bisa melihat deretan gunung menorah di ujung barat, serta jika kita berada disana hingga sore hari,kita juga bisa melihat sunset yang sangat menarik. Disepanjang jalan jogja-wonosari anda bisa melihat juga pemandangan gunung-gunung di kanan dan kiri jalan. Anda nantinya akan melewati daerah patuk, di daerah ini terdapat objek wisata Gunung Api Purba yang umurnya sudah Milyaran tahun dan gunungnya masih menjulang dengan keindahan goodview dan sangat menarik untuk mendakinya.
Gunung Api Purba
Banyak wisatawan yang sudah mendaki gunung tersebut karna tertarik keindahannya dan pemandangannya. Di sebelah timur gunung tersebut juga terdapat kebun buah dengan buah yang beraneka ragam, kebun buah tersebut letaknya +- 2 km dari objek wisata gunung api purba kea rah timur. Kebun buah tersebut dialiri air dari suatu waduk yang bernama waduk embung yang belum lama ini diresmikan oleh Bapak Gubernur Sri Sultan Hb X.
embung Gunungkidul
Embung ini sangat istimewa karena letaknya yang berada di puncak gunung, dengan begitu saat kita berada di embung kita juga bisa melihat sunset yang indah. Kembalike jalur jalan raya jogja-wonosari, setelah anda melewati kawasan itu, di daerah patuk juga terdapat desa wisata yang sangat terkenal, desa wisata tersebut menawarkan kerajinan topeng yang khas dan menarik dengan ukirannya. Pada jalan raya jogja-wonosari anda juga akan melwati pasar buah yang ada di pinggir-pinggir jalan. Pasar tersebut menawarkan berbagai jenis buah (dengan tergantung musimnya) yang mana bisa untuk oleh-oleh atau bekan saat di pariwisata. Kemudian anda akan melewati daerah sambi-pitu (yaitu pertigaan yang di tengahnya ada tiang lampu penerangan jalannya) disimpang tiga tersebut nantinya anda belok (ambil arah) ke kanan. Setelah itu anda akan memasuki kawasan hutan yang namanya hutan Bunder (disana juga terdapat Rest Area).
rest area hutan bunder Gunungkidul
Maka anda juga akan melewati lapangan udara TNI AU di kiri jalan. Setelah itu ada lampu merah maka anda mengarah ke kiri (arah wonosari), dan anda akan disambut oleh ucapan selamat data di kota wonosari pada gapura yang melintang di atas jalan raya. Setelah itu anda akan menemui Bundaran BPD dan anda lurus saja dan akan sampai di kota Wonosari (pusat kota / Pemda / Alun-alun). Di dekat alun-alun terdapat masjid yang cukup besar (yaitu) masjid Agung (masjid kebanggaan warga wonosari) anda bisa solat dan merelaxkan badan anda disana sembari mengingat Yang Maha Esa.
masjid Agung

Alun - alun kota Wonosari

Selamat datang di Kota Wonosari

Jalan – jalan Kabupaten Gunungkidul

sunset embung
Setelah sampai di kota Wonosari anda bisa menentukan Objek wisata mana yang akan anda tuju. Berikut recomendet objek wisata yang lagi (IN) baru-baru ini :
1.      Wisata Goa Pindul
Arah : dari alun-alun kearah utara (menuju jln wonosari-nglipar) akan melewati stadion Handayani (Stadion Di Gunungkidul) setelah sampai di perempatan Budegan, belok ke kiri (masuk kawasan ring-road timur) setelah itu anda akan menemui perempatan (tanpa lampu merah) maka belok kekanan arah Goa Pindul

Keistimewaan : ada banyak keistimewaan dari Goa ini, disana anda akan memasukinya dengan pelampung yaitu dengan sarana susur goa, sangat asyik dan menarik.

2.      Wisata Gunung Gambar
Arah : dari wonosari kearah utara (ke jalur wonosari-nglipar) anda tinggal mengikuti jalan raya. Dan apabila sudah sampai di pertigaan nglipar maka ambil arah ke kiri kearah ngawen (ke arah Gunung Gambar)
Keistimewaan : objek wisata ini menawarkan wisata alam yaitu menaiki gunung (ke atas puncak) dipuncaknya terdapat situs (patilasan) orang sakti. Dapat dilihat disana terdapat suatu 2 cekungan besar yangmana konon katanya itu bekas tempat duduk orang sakti tersebut bertapa. Disana kita bisa melihat pemandangan dari ketinggian.
3.      Wisata air terjun Sri Gethuk
Arah : barat daya kota Wonosari, lebih cepat melewati jalan wonosari-playen, dan apabila sudah sampai di pasar playen maka ambil arah ke paliyan. Sekitar 1 km dari pasar playen (kearah selatan) terdapat pertigaan kearah barat, maka ambilarah barat kearah objek wisata air terjun Sri Gethuk.

Keistimewaan : air terjun ini sangat eksotik dan untuk kesananya kita juga harus menyeberangi sungai yang elok.
4.      Wisata kali Suci
Arah : ke tenggara (arah Semanu), dari kota wonosari anda menuju ke timur melalui jalan raya wonosari semanu (menuju kecamatan semanu) setelah itu anda akan melewati jembatan yang bernama jembatan njirak kemudian kea rah selatan. Setelah menemui lapangan sepakbola triwanasakti anda belok kekiri kearah barat, +- 1,5 Km anda akan sampai ke wisata kali suci.

Keistimewaan : sungai bawah tanah yang sungguh menarikuntuk kita jelajahi. Untuk turun ke bawah,kita sudah disediakan alan setapak, jadi kita tunggal menuruni jalan setapak itu.

5.      Wisata Goa Jomblang
Arah : ke tenggara (arah Semanu), dari kota wonosari anda menuju ke timur melalui jalan raya wonosari semanu (menuju kecamatan semanu) setelah itu anda akan melewati jembatan yang bernama jembatan njirak kemudian kea rah selatan. Setelah menemui lapangan sepakbola triwanasakti anda belok kekiri kearah barat, melewati wisata kali suci terus kebarat, ada plakat goa jomblang ke selatan maka anda ikuti (belok ke selatan) ikuti jalan tersebut maka akan sampai di goa jomblang (goa vertical)
Keistimewaan : goa ini goa vertical, didalamnya sangat menabjubkan dan sangat elok. Sudah terknal hingga seantero jagad raya.
6.      Wisata pantai selatan
Arah : dari alun alun kota wonosari anda tinggal menuju kearah timur melewati pasar wonosari kemudian lampu merah pertama anda lurus kemudian ada pertigaan (tanpa lampu merah) anda belok ke kiri (ke selatan) ke arah jalan wonosari-baron, ikuti saja jalan raya tersebut maka anda akan sampai di TPR untuk membayar. Setelaah anda melewati TPR maka anda bisa memilih wisata pantai mana yang anda kunjungi. Terdapat pantai Baron, Kukup, Krakal, Ndrini, Sundak, watu kodok, Indrayanti, Watu lawang, Pok Tunggal dan masih banyak lagi pantai pantai yang sangat eksotik tersebut.

Keistimewaan : membayar TPR satu kali bisa mengunjungi beragam pantai sepuas hati, dan pantainya masih alami serta terjaga kebersihannya. Dengan pasir putih yang elok pantai panti di gunungkidul sangat indah dan memiliki nilai + (ples) tersendiri di hati para pengunjung. Yang mana membuat etagihan untuk mengulangi mengunjungi pantai pantai itu. Anda juga bisa melihat sunset di sore hari.

7.      Museum Kars
Arah : ke timur, dari kota wonosari anda langsung saja menuju ke timur melalui jalan wonosari – semanu dan anda ikuti saja jalan raya tersebut, anda akan melewati jembatan Njirak dan setelah itu anda akan menemui lampu merah. Anda ambil kekiri arah Praci. Anda ikutijalan itu saja (jalannya mulus) jika anda menemui plakat Museum Kars anda belok kiri(sampai) Museum Kars berada di pinggir jalan/ selatan jalan. (jadi mudah terlihat).

Keistimewaan : museum ini menawarkan tentang pegunungan kars yang ada digunungkidul.
8.      Masih banyak lagi objekwisata yang ada di gunungkidul selamat berlibur dan Semangat :-) .